high beam car headlight
Automotive

Lampu Dim Tidak Boleh Dipakai Sesuka Hati, Lho!

Punya kendaraan pribadi itu tidak sekadar paham soal komponen tambahan seperti jenis bahan bakar atau oli diesel Idemitsu mana yang terbaik untuk mesin mobil, tapi juga komponen bawaan kendaraan. Salah satu komponen bawaan yang dimaksud adalah lampu dim atau high beam yang terletak di bagian depan mobil.

Apa itu lampu dim?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, lampu dim adalah lampu penerang yang terdapat di bagian depan mobil, berdampingan dengan lampu depan utama (low beam). Dilansir dari laman Car and Driver, lampu dim bisa memproyeksikam cahaya intens di sekitar kendaraan hingga radius 100 sampai 150 meter. Sedangkan lampu depan utama menghasilkan cahaya kurang intens di malam hari pada radius 60 sampai 90 meter saja. Untuk itulah, penggunaan lampu dim tidak bisa sesuka hati pengendara.

Kegunaan lampu dim

Dengan jarak tembak sejauh itu, lampu dim sebetulnya bertujuan untuk membantu pengemudi ketika berkendara di malam hari—tertutama di jalur-jalur sepi. Akan tetapi, ada dua hal penting yang perlu setiap pengendara tahu soal komponen ini, yakni: lampu dim kurang efektif di cuaca-cuaca tertentu dan jalan raya adalah milik bersama.

Menurut situs Car and Driver, lampu dim kurang efektif pada cuaca seperti hujan dan kabut. Pasalnya, sinar dari lampu dim mengarah ke bagian atas (bukan ke jalan), sehingga ia menambah volume cahaya di sekitar hujan dan kabut. Cahaya yang banyak ini kemudian memantul ke indra penglihatan pengemudi, bukannya ke jalan. Akibatnya, pengemudi akan merasa daya lihatnya berkurang.

Terangnya cahaya dari lampu dim juga bisa membahayakan pengemudi kendaraan lain, terutama di jalur minim cahaya. Sebab, intensitasnya yang tinggi akan memberikan efek buta kepada pengendara dari arah berlawanan. Jika dianalogikan, melihat cahaya lampu dim itu seperti menatap senter dengan cahaya teramat terang, di mana ruang di sekitar cahaya senter tidak akan terlihat alias memberikan efek buta. Inilah alasan mengapa lampu dim tidak bisa dipakai sambarangan.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya?

Jawabannya ialah ketika mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi atau ketika berada di jalan tol, dan hanya jika pengemudi dapat menjaga jarak setidaknya 150 meter dari kendaraan-kendaraan lain.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *