air shower
Health and Beauty

Pulang Kerja Malam, Baiknya Mandi Air Panas Atau Dingin?

Setelah lelah beraktivitas di kantor hingga pulang larut malam, pastinya tubuh menjadi kotor dan tidak nyaman. Untuk itu, Anda perlu segera membersihkan diri. Apalagi menggunakan shower mandi, akan membuat aktivitas mandi Anda lebih rileks. Namun, sering terbesit dalam pikiran, baiknya mandi air panas atau dingin ya? Mana yang lebih baik?

Pada dasarnya mandi menggunakan air panas dan air dingin di malam hari sama baiknya. Namun harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi badan Anda. Keduanya memiliki risiko sehingga harus mengetahui terlebih dahulu, apakah baik untuk kesehatan tubuh atau tidak.

Menurut ahli, mandi air panas tidak perlu berlama-lama, cukup 5-10 menit dengan suhu tidak lebih dari 44 derajat celcius. Hal itu sudah dapat membantu kesehatan tubuh Anda, apalagi selepas pulang kantor dan beraktivitas seharian. Manfaat yang bisa dirasakan, seperti melancarkan peredaran darah, melemaskan otot kaku dan nyeri, mengurangi stres dan cemas, serta mencegah insomnia sehingga tidur Anda akan lebih nyenyak dan nyaman.

Namun, apabila menggunakan air panas lebih lama dari yang dianjurkan, akan membuat kulit kering dan terpecah-pecah, rambut bercabang, tekanan darah menurun tiba-tiba, akibatnya apabila tekanan darah Anda terlalu rendah akan memberi efek pada penglihatan menjadi kunang-kunang bahkan bisa drop.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan mandi air panas, Anda bisa membandingkan dengan mandi dengan air dingin. Ketika Anda mandi air dingin, secara keseluruhan akan membuat tubuh Anda kembali berenergi. Beberapa manfaatnya yang bisa dirasakan, seperti menyegarkan pikiran, karena suhu air yang dingin bisa memicu otak untuk memproduksi hormon norepinefrin, yaitu sejenis adrenalin yang akan membantu pikiran Anda tetap waspada secara alami. Lalu, bisa menjaga kesehatan rambut dan kulit, mengurangi depresi, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut ahli, saat mandi dengan air dingin, tubuh akan menghasilkan protein yang dibutuhkan oleh sistem imun untuk melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

Namun, mandi air dingin tetap memiliki risiko, seperti penyempitan pembuluh darah. Bedasarkan penelitian, mandi air dingin menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang diteruskan ke beberapa organ vital, seperti jantung dan otak, sehingga bisa tersumbat. Selanjutnya, mandi air dingin disaat suhu disekitar Anda yang dingin pula, akan menyebabkan hipotermia, dimana kondisi seseorang dapat drop tiba-tiba dan denyut nadi melemah.

Jadi, mandi air panas maupun air dingin bisa Anda lakukan pada malam hari, namun sesuaikan dengan kondisi tubuh dan suhu yang ada disekitar Anda. Lalu perhatikan durasi saat Anda mandi di malam hari, jangan sampai terlalu lama. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *