mobil
Automotive

Libur Panjang, Tetap Perhatikan Kondisi Mobil Anda

Jika dijumlahkan dengan cuti bersama, libur lebaran tahun ini mencapai total 10 hari. Waktu yang cukup panjang, terutama jika Anda tidak kembali ke kampung halaman. Ingin berwisata pun malas rasanya karena semua tempat wisata sudah dipastikan penuh oleh pengunjung. Tak hanya itu, jalan raya pun pasti sudah dipenuhi dengan truk angkutan barang atau truk logistik. Jadi, berdiam diri di rumah dan menikmati libur panjang mungkin merupakan opsi terbaik.

Namun demikian, bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor terutama mobil, sebaiknya hati-hati saat libur panjang seperti ini. Sebab jika kondisi mobil tidak diperhatikan, bisa berdampak buruk pada performa kendaraan Anda. Ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Panaskan setiap hari. Meskipun tidak dipakai, jangan lupa untuk memanaskan mobil Anda setiap pagi. Hal ini dimaksudkan agar kondisi mesin mobil tetap prima dan siap dipakai. Tidak perlu lama-lama, panaskan mobil selama 4-5 menit saja.
  2. Bawa berkendara keliling kompleks. Sesekali, bawa mobil Anda untuk berkeliling kompleks. Sebab dipanaskan setiap hari saja tidak cukup. Membawa mobil berkeliling kompleks dimaksudkan agar kondisi mesin, oli, dan rem mobil tetap terjaga. Anda pun akan langsung tahu jika ada bagian mobil yang perlu diganti ketika menyetir.
  3. Perhatikan kebersihannya. Pastikan kondisi mobil Anda tetap bersih meski tidak digunakan. Dan ini tak hanya menyangkut eksterior mobil saja, tetapi juga untuk interior mobil. Sedot debu di dalam mobil dan bersihkan karpet-karpet di dalam mobil. Tak hanya itu, Anda juga perlu membersihkan area di bawah wiper agar karetnya tidak menempel langsung ke kaca dan menyatu dengan debu.
  4. Tutupi dengan sarung mobil. Terakhir, Anda bisa menutupi mobil dengan sarung agar tidak ada debu yang menempel di permukaan mobil. Namun demikian, jangan lupa untuk membuka sarungnya sesekali agar cat mobil tidak rusak, ya!

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat mobil Anda menjelang waktu libur lebaran yang panjang. Semoga membantu dan selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *