Health and Beauty

Manfaat Memelihara Binatang Untuk Kesehatan

Bagi beberapa orang yang tidak suka binatang, seringkali menyalahkan keberadaan hewan di rumah sebagai penyebab datangnya penyakit. Apalagi, jika sang pemilik sampai harus memanfaatkan Asuransi Kesehatan yang Bagus untuk menanggung biaya berobat atas penyakitnya. Padahal ternyata, hal tersebut justru salah loh. Karena kenyataannya, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan di rumah dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan penghuni rumah.shiro

Mungkin Anda masih merasa ragu dengan kebenarannya. Apalagi jika hewan yang dipelihara adalah kucing, dimana banyak orang takut dengan ancaman toksoplasma dari hewan ini. Nah, supaya Anda tidak lagi merasa ragu, langsung saja yuk kita bahas.

Berdasarkan situs klikdokter, menurut hasil analisa para peneliti American Heart Association (AHA) ditemukan hasil mereka yang memelihara binatang di rumahnya memiliki risiko jantung yang lebih rendah daripada yang tidak memelihara. Penyebabnya adalah, karena hewan peliharaan ini akan membuat sang pemiliki aktif bergerak secara fisik. Hanya saja, hal ini tidak berlaku jika Anda tidak aktif bermain secara fisik dengan hewan peliharaan, dan tetap memiliki pola hidup tidak sehat.

Selain mengurangi risiko penyakit jantung, aktif bergerak bersama hewan peliharaan ini juga mengalami penurunan risiko terhadap beberapa penyakit lain, di antaranya:

  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol
  • Obesitas

Tidak hanya itu, adanya hewan peliharaan di rumah juga bermanfaat untuk menghilangkan stress dari berbagai aktivitas kesehariannya. Melihat tingkah lucu mereka, bermain bersama mereka, dan melakukan interaksi dengan mereka akan dapat meningkatkan semangat dan menyegarkan pikiran Anda.

Untuk Anda yang memiliki anak berusia balita, ternyata memelihara hewan juga bisa memberikan manfaat positif, loh! Salah satunya yaitu meningkatnya sistem imun sang anak. Anak akan memiliki risiko yang lebih kecil mengalami masalah alergi, asma, dan beberapa penyakit lainnya dibandingkan dengan yang tidak memiliki hewan peliharaan. Selain itu, Anda juga secara langsung mengajarkan pada anak untuk dapat menyayangi hewan sehingga anak akan menjadi pribadi yang penyayang dan peduli terhadap hewan.

Namun tentunya, semua manfaat ini akan didapatkan jika Anda menjaga kebersihan dari hewan peliharaan Anda. Sebab, hewan yang tidak terjaga kebersihannya justru bisa menjadi sumber penyakit bagi orang di sekitarnya. Jadi, pastikan hewan kesayangan Anda selalu tetap bersih dan juga terjaga kesehatannya ya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *