crude used oil
Industry

Manfaat Menggunakan Kembali Minyak Bekas

Minyak ialah salah satu sumber daya alam bumi yang dapat digunakan untuk beragam kebutuhan hidup manusia. Mulai dari industri berskala besar sampai sekecil mesin pemotongan rumput, semuanya sama-sama menggunakan minyak. Sudah kita ketahui bersama pula jika minyak juga merupakan sumber daya alam yang terbatas jumlahnya. Sehingga wajar jika banyak pihak yang melakukan penyulingan minyak menggunakan portable filter cart supaya minyak dapat digunakan kembali untuk kebutuhan lainnya.

Penyulingan atau proses daur ulang minyak ini ditujukan untuk memisahkan kotoran seperti debu, serpihan logam, air, bahkan bahan kimia lainnya yang kemungkinan besar tercampur ketika minyak digunakan pada kali pertama. Setelah itu, minyak hasil sulingan dapat digunakan kembali untuk keperluan lain. Memang, bisa digunakan untuk apa sajakah minyak bekas sepert ini?

Manfaat minyak bekas

Melansir situs Environmental Protection Agency (EPA), salah satu jenis minyak yang sering didaur ulang adalah minyak bekas dari sepeda motor. Sebab, minyak jenis ini dapat memberikan manfaat yang cukup besar pada lingkungan. Minyak bekas dari motor, juga minyak jenis lainnya, dapat disuling kembali menjadi minyak (pelumas) baru, diolah menjadi bahan bakar, ataupun digunakan sebagai bahan baku industri perminyakan.

Dari segi lingkungan, minyak daur ulang juga memiliki beberapa manfaat baik seperti:

  • Mengurangi polusi tanah dan air.
  • Menghemat sumber daya alam terbatas. Sebab minyak sepeda motor (oli) tidak akan aus, melainkan hanya kotor semata. Sehingga, menggunakan minyak bekas sepeda motor yang didaur ulang hampir sama saja dengan menggunakan minyak baru.
  • Menekan jumlah energi yang dibutuhkan. Menurut EPA, satu galon minyak daur ulang membutuhkan energi yang lebih sedikit daripada proses menyuling satu galon minyak mentah.

EPA mencatat, rata-rata ada sekitar 4 juta orang yang menggunakan kembali pelumas sepeda motor untuk digunakan pada peralatan lain, atau bahkan menjualnya ke tempat daur ulang. Apakah Anda juga pernah—atau malah sering—mengganti sendiri oli sepeda motor Anda? Jika ya, berarti Anda sudah menjadi salah satu orang yang menyumbang jumlah minyak bekas di dunia ini. Satu hal yang perlu diingat saat hendak mendaur ulang minyak ialah untuk melakukannya dengan kehati-hatian yang tinggi. Sebab, tumpahan atau buangan minyak bekas bisa mengkontaminasi air bersih.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *