Business

Mau Toko Kelontongmu Laris? Lakukan Cara-Cara Ini!

Bisnis rumahan dewasa ini mengalami kendala persaingan yang semakin tinggi. Kehadiran Internet tidak bisa dimungkiri adalah salah satu faktor kuat kompetisi tersebut terjadi. Faktor lainnya adalah kehadiran jenis usaha serupa yang diatur oleh korporasi atau pihak yang lebih besar. Campur tangan pihak yang memiliki kontrol lebih kuat tentu menyumbang ketimpangan yang ada di realita. Salah satu usaha rumahan yang terpengaruh adalah toko kelontong. Membaca situasi ini, HM Sampoerna kemudian mendirikan toko kelontong online untuk membantu para pedagang bertahan di era teknologi tinggi ini melalui SRC.

SRC adalah program kemitraan untuk membangun usaha retail. Bila kamu pemilik toko kelontong dan sedang berada di situasi seperti di atas, kamu bisa bergabung dengan SRC untuk mengembangkan usahamu. Simak cara-caranya di bawah ini:

  • Penuhi syarat.

Ketentuan pertama menjadi mitra SRC adalah memiliki outlet. Hal ini tentu sudah kamu penuhi karena kamu telah memiliki toko kelontong. Tidak ada ketentuan khusus usia dan ukuran toko kelontong yang harus kamu miliki untuk bergabung dengan program ini. Bila kamu memiliki keinginan kuat untuk maju, maka jangan ragu untuk daftarkan dirimu sebagai mitra SRC.

  • Mengajukan diri.

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menghubungi sales HM Sampoerna. Tahap ini dihitung sebagai proses pendaftaran keanggotaan. Kamu dapat melakukannya dengan mengirim surel ke csayosrc@src.id atau mendatangi sales HM Sampoerna yang sedang melakukan kunjungan ke outlet kamu ataupun outlet rokok terkait di sekitar toko kelontongmu.

  • Lakukan 4P.

Ketika kamu sudah teraftar sebagai anggota SRC, langkah selanjutnya yang wajib kamu penuhi adalah menunaikan prasyarat 4P. Rancangan ini tidak perlu kamu lakukan sekaligus. Kamu dapat memenuhi 4P secara bertahap dari satu bulan ke bulan lain. Konsep 4P ini berarti Penampilan, Perlengkapan, Pengelolaan, dan Pengembangan Bisnis. Penampilan merujuk pada situasi outlet-mu.

Lakukan pembenahan yang baik terhadap situasi toko kelontongmu agar terlihat menarik. Kamu bisa menempuhnya dengan mengecat ruangan ataupun bagian luar toko, menata produk sesuai kategori, juga memberi label harga. Perlengkapan adalah kecukupan stok barang yang kamu jual serta kepemilikan alat hitung seperti kalkulator—atau mesin kasir—untuk pembayaran. Pengelolaan ialah pengaturan stok juga alur keluar-masuk barang dari agen ke toko kelontongmu.

Terakhir, pengembangan bisnis adalah upaya yang dapat kamu lakukan sebagai opsi tambahan bisnis toko kelontongmu. Kamu dapat menjual gorengan atau jus di dekat toko kelontongmu. Bila kamu sudah menerapkan syarat ini, kamu tinggal menunggu kunjungan sales SRC ke outlet-mu untuk pengecekan.

Nah, bagaimana? Mudah, bukan, membuat toko kelontongmu laris? Kamu bisa memulainya dari sekarang, lho. Semakin cepat kamu bergabung, semakin cepat pula usahamu berkembang. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *