Hoby, Travelling

Membawa Hewan Saat Berlibur? Kenapa Tidak

Yuvita Puspitasari / June 15, 2018
peliharaan

Apa yang kamu persiapkan saat akan berlibur? Apakah membeli baju baru untuk digunakan saat liburan, membeli asuransi liburan, ataukah menyiapkan hal lainnya? Pastinya, setiap orang memiliki kebiasaannya masing-masing saat mempersiapkan liburannya. Namun, untuk kamu yang memiliki hewan peliharaan, mungkin agak sedikit berbeda ya?peliharaan

Yap, saat ini cukup banyak pemilik hewan yang senang mengajak hewan peliharaannya berjalan-jalan. Bagi beberapa orang, hal tersebut mungkin terlihat merepotkan, namun tidak bagi sang pemilik. Nah, jika kamu baru saja memiliki hewan peliharaan dan berencana untuk mengajaknya berjalan-jalan, ada baiknya jika memerhatikan beberapa hal berikut:

  • Gunakan kandang yang cukup luas

Sesuaikan ukuran kandang dengan ukuran hewanmu. Jangan hanya berpikir praktisnya saja, lalu kamu memilih kandang berukuran kecil sehingga membuat hewan peliharaanmu tidak nyaman. Setidaknya, sediakan kandang yang cukup untuknya meluruskan badan atau berdiri. Khususnya jika kamu akan menempuh perjalanan cukup jauh.

  • Tempatkan kandang di lokasi yang nyaman

Pastikan kandang berada di lokasi yang cukup rata sehingga tidak akan membuat hewan peliharaanmu terganggu saat terjadi guncangan. Sebaiknya, letakkan kandang ini pertama kali sebelum kamu memasukkan barang-barang lainnya. Namun, perhatikan baik-baik saat kamu mulai memasukkan barang-barang lainnya. Jangan sampai kamu menutup semua sirkulasi udara dan hindari meletakkan barang terlalu berat di atas kandangnya.

  • Istirahat setiap beberapa jam

Sama halnya sepertimu, hewan juga butuh waktu untuk beristirahat selama perjalanan. Setidaknya, selama 3 jam sekali, ada baiknya jika kamu mencari tempat berhenti yang teduh terlebih dahulu. Jika kamu ingin turun dari mobil, jangan lupa untuk membuka jendela agar hewan tetap mendapatkan sirkulasi udara yang cukup.

  • Persiapkan makan dan minum

Hewan tetap membutuhkan makan dan minum selama perjalanan. Namun, meletakkannya selama perjalanan berisiko akan tumpah, khususnya untuk minuman. Jadi, ada baiknya jika kamu memberikan makan dan minum sebelum perjalanan. Kemudian, berikan kembali makan dan minum saat sedang beristirahat di perjalanan.

Beberapa tips di atas, hanya bisa kamu terapkan untuk perjalanan liburan dengan menggunakan mobil. Sementara itu, jika kamu ingin membawa hewan saat berlibur dengan menggunakan pesawat, ada baiknya kamu mencari informasi dari maskapai terlebih dahulu. Selain itu, pastikan penginapan tempatmu menginap dan tempat wisata yang akan dikunjungi mengizinkanmu membawa hewan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *