Property

Membeli Apartemen, Lebih Baik Lantai Atas Atau Bawah?

Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat akan membeli properti, mulai dari kepastian apakah investasi properti benar-benar menguntungkan atau bahkan mengecek harganya apakah sesuai dengan bangunan yang didapat. Di antara sekian banyaknya hal yang dijadikan bahan pertimbangan, lokasi merupakan salah satu poin yang penting. Apalagi bagi Anda yang membeli apartemen murah di Jakarta Selatan. Tentunya, meskipun murah, Anda ingin mendapatkan lokasi yang strategis dan sesuai dengan kebutuhan Anda kan?

lantai atas apartemen
Source: materialicious

Nah, untuk masalah lokasi yang strategis ini, pada apartemen berbeda dengan di rumah. Sebab, Anda tidak hanya harus menentukan lokasi dimana apartemen tersebut dibangun saja, tetapi juga harus menentukan di lantai berapakah Anda ingin tinggal. Lalu, manakah yang lebih baik untuk dipilih, lantai yang berada di atas ataukah di bawah?

Sebenarnya, baik lantai atas maupun lantai bawah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari posisi lantai tersebut:

  • Lantai atas

Semakin tinggi unit apartemen Anda, maka akan semakin luas jarak pandang Anda ke area sekitar. Apalagi, jika unit apartemen yang Anda beli menghadap ke arah yang tepat sehingga bisa memberikan Anda pemandangan yang cukup indah meskipun berada di area perkotaan. Tidak hanya itu, Anda yang lebih suka dengan suasana tenang, akan bisa mendapatkannya juga saat membeli apartemen di lantai atas. Sebab, semakin sedikit orang yang lalu lalang di area tersebut sehingga suasana akan lebih tenang. Tidak hanya itu, unit yang berada di lantai ini juga dipercaya memiliki keamanan lebih dibandingkan dengan lantai bawah.

Meskipun begitu, unit dilantai atas juga memiliki kekurangan, yaitu sulitnya membawa furniture terutama jika ukurannya cukup besar. Selain itu, Anda juga akan diharuskan berolahraga dengan turun tangga jika seandainya tiba-tiba ada bencana alam seperti gempa bumi atau musibah kebakaran.

  • Lantai bawah

Lantai bawah akan memberikan keuntungan berupa kemudahan akses keluar masuk. Jadi, ketika ada suatu masalah (misalnya musibah kebakaran atau gempa), akan mudah bagi Anda untuk keluar. Atau jika Anda sedang terburu-buru, Anda tidak perlu lama menunggu lift. Selain itu, Anda akan lebih mudah untuk membawa furniture masuk. Jika ingin pemandangan yang lebih bagus, Anda bisa memilih unit yang menghadap ke taman.

Namun, lantai ini cenderung lebih bising apalagi jika unit Anda berada di area akses keluar masuk, lift, atau tangga darurat.

Lantai mana yang lebih baik, mungkin akan berbeda pada setiap orang tergantung kebutuhannya. Jadi, pertimbangkan kelebihan dan kekurangan tersebut sebelum menentukan pilihan Anda ya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *