apartemen anak
Parenting,  Property

Menciptakan Apartemen Aman untuk Anak Anda

Mahalnya dana yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah membuat banyak pasangan muda memilih untuk tinggal di unit apartemen Jakarta Selatan. Harga yang terjangkau, lokasi yang berada tak jauh dari pusat kota, dan berbagai hal lain membuat mereka memilih untuk tinggal di apartemen. Bagi Anda yang tinggal di apartemen dengan anak, diperlukan beberapa langkah standar untuk memperketat keamanan dan menciptakan hunian yang ramah untuk perkembangan mereka.

  1. Amankan area balkon. Jika apartemen Anda memiliki area balkon, amankan dengan menggunakan jaring, sekat besi, atau bahkan kayu. Hal ini membantu untuk menghindarkan anak Anda dari hal-hal yang tak diinginkan. Tak hanya itu, baiknya jauhkan furnitur dari pinggir balkon untuk mengantisipasi kemungkinan anak memanjatnya. Terakhir, jangan sampai anak lepas dari pengawasan Anda dan main-main ke balkon, ya!
  2. Pasang baby gate. Bagi Anda yang belum tahu, baby gate merupakan pagar pengaman yang berbentuk besi atau kayu, untuk menghindarkan anak dari tempat-tempat yang berbahaya. Anda bisa memasang baby gate ini untuk membatasi area dapur, area kamar mandi, atau area lain di apartemen yang sekiranya membahayakan. Pilih baby gate yang cukup kuat sehingga tak mudah terbuka ketika didorong dan memiliki ketinggian tertentu.
  3. Hindari memilih furnitur berujung tajam. Selain memastikan ruang apartemen ramah anak, cek juga ujung-ujung furnitur yang ada. Pastikan ujung sudutnya tumpul dan tidak runcing. Atau jika sudah telanjur membeli furnitur yang ujungnya runcing, Anda bisa menutupinya dengan pelindung berujung tumpul sehingga tidak membahayakan.
  4. Lapisi permukaan lantai yang licin dengan karpet atau tikar antiselip. Beberapa bagian di apartemen Anda pastinya memiliki permukaan yang licin jika terkena air. Untuk mengantisipasi kemungkinan si kecil terpeleset, lapisi permukaannya dengan karpet atau tikar antiselip.
  5. Pasang CCTV. Terakhir, Anda bisa melengkapi bagian dalam apartemen dengan CCTV untuk memperketat pengamanan.

Itu dia beberapa cara untuk menciptakan apartemen aman untuk anak Anda. Selain melakukan beberapa hal di atas, jangan lupa juga untuk mengajak anak bermain ke taman atau area publik lainnya agar anak bisa bersosialisasi dengan teman sebayanya. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *