dapur
Furniture

Mendekorasi Dapur? Gunakan Bahan-bahan Alternatif Ini!

Dapur merupakan salah satu ruangan yang sama penting dan pastinya sering digunakan dalam beraktivitas setiap harinya oleh para penghuni rumah. Karena pentingnya itu, pasti banyak di antara kamu yang menginginkan penampilan dapur yang cantik. Nah, untuk mendapatkan dapur yang cantik pastinya kamu harus mendekorasinya dengan banyak hal. Namun, dengan banyaknya aspek yang perlu kamu dekorasi tentunya akan memerlukan banyak uang untuk membeli bahan-bahan dan menyewa tenaga untuk instalasinya. Namun sebenarnya ada beberapa bahan alternatif yang dapat kamu gunakan seperti yang disediakan oleh UPVC Indonesia contohnya. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak artikel ini lebih lanjut demi memiliki dapur yang cantik dan nyaman!

 

  1. Kabinet

Bahan kitchen set yang digunakan untuk kabinet dapur memiliki banyak variasi, mulai dari kayu, stainless steel, sampai yang terbaru, UPVC. UPVC atau Unplasticized Polyvinyl Chloridemerupakan bahan pembuat lemari kitchen setyang kini sedang marak digunakan.  UPVC sendiri merupakan hasil modifikasi campuran PVC dengan cairan kimia stabilizer sehingga menghasilkan bahan kitchen set yang kokoh, tahan terhadap paparan sinar matahari, dan hujan. UPVC kini merupakan alternatif pengganti kayu solid karena memiliki ketahanan yang sama kuatnya, namun harganya yang lebih murah. Selain itu, UPVC juga antirayap dan lebih ramah lingkungan karena bisa mereduksi jumlah penebangan di hutan kayu.

 

  1. Pelapis kabinet

Agar kabinet tampak lebih menarik, kamu dapat menghiasnya dengan pelapis yang motifnya unik dan banyak. Untuk kabinet dari kayu olahan, pelapis yang digunakan biasanya adalah HPL atau High Pressure Laminate. Bahan kitchen set yang satu ini sangat dikenal karena pemasangannya yang praktis dan ketersediaan variasi motifnya yang beragam. Jika menggunakan kayu solid, finishing kayu yang bisa diterapkan adalah finishing melamik. Finishing ini mampu menonjolkan serat dan warna kayu sehingga kitchen set tampil lebih elegan.

 

  1. Backsplash

Karena dapur merupakan ruangan yang rentan untuk terkena kotor apalagi minyak yang dapat merusak cat dinding. Maka dari itu, biasanya dinding di dapur menggunakan keramik ataupun tegel yang mudah untuk dibersihkan jika terkena kotoran. Keramik lebih mudah dipasang, namun ketebalannya cukup tipis sehingga rentan pecah apalagi jika salah melakukan pemasangannya. Sedangkan, tegel lebih tebal dan kuat, namun sering kali ukurannya kurang presisi karena dibuat dengan cara konvensional. Umumnya harga tegel pun lebih tinggi daripada keramik.

 

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk mendekorasi ruang dapur kamu agar lebih cantikdengan bahan-bahan alternatif yang cukup berbeda daripada umumnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *