tur museum dengan vr
Technology

Mengakses Pengetahuan dengan Virtual Reality

Virtual reality (VR) atau realitas virtual adalah teknologi canggih tiga dimensi yang dihasilkan oleh komputer untuk keperluan interaksi dan eksplorasi manusia. Ketika seseorang menggunakan perangkat VR, ia akan menjadi bagian dari realitas virtual itu, dan dapat melakukan atau merasakan sesuatu yang sesungguhnya tidak ada di dunia nyata. Dengan demikian, teknologi VR dapat membuat manusia menjelajah apa yang sebenarnya tidak ada di hadapannya. Tak heran jika teknologi ini mulai banyak digunakan untuk proses pelatihan dengan VR, asesmen, rekrutmen, sampai pembelajaran ilmu dan pengetahuan.

Beberapa aktivitas berikut adalah contoh nyata penggunaan teknologi VR untuk keperluan pembelajaran.

  1. Karyawisata ke Mars. Mengutip laman AR Post, sebuah perusahaan yang salah satu objektifnya bergerak dalam bidang penelitian luar angkasa dan sains, Lockheed Martin, menawarkan paket Karyawisata ke Mars bagi anak-anak yang ingin melihat wujud nyata Planet Mars. Dengan bantuan teknologi VR yang diproyeksikan pada kaca depan bus sekolah, perusahaan ini ‘mengantar’ anak-anak untuk berkaryawisata ke Mars. Bahkan untuk memberikan pengalaman yang senyata mungkin, Lockheed memetakan jalanan Washington DC ke dalam realitas virtual Planet Mars dan menambahkan efek suara-suara angin di Mars.
  2. Tur museum di seluruh dunia. Apakah Anda pencinta museum? Jika ya, Anda mungkin akan merasa bahagia mengetahui informasi ini. Sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang museum, Boulevard Features (Arts), menawarkan pengalaman tur atau kunjungan museum seni maupun sejarah dari seluruh dunia dengan bantuan teknologi VR. Inovasi ini tentu menarik sekali bagi orang-orang yang tertarik dengan dunia pergalerian. Sudah begitu, ‘pengunjung’ museum dengan perangkat VR ini tidak akan dilepaskan sendirian. Melainkan, ‘pengunjung’ akan ditemani oleh pemandu-pemandu terbaik dari setiap museum yang ada.
  3. Menelusuri otak manusia untuk belajar soal emosi/perasaan. Meski berbentuk permainan atau game, inMind2 adalah sebuah pengaplikasian teknologi VR yang baik sekali untuk mengakses pengetahuan. Sebab, game satu ini bisa membuat user atau penggunanya mempelajari bagaimana seorang manusia tumbuh menjadi dewasa (secara sikap) sekaligus bagaimana sisi emosional seseorang bisa membentuk karakternya. Aktivitas ini tentu menarik untuk dieksplorasi—terlebih bagi Anda yang senang dengan ilmu dan pengetahuan terkait psikologis manusia.

Demikianlah ulasan tentang penerapan teknologi VR untuk kebutuhan pengetahuan. Keragaman manfaat yang diberikan VR membuat kehidupan manusia lebih mudah.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Sumber gambar: Forbes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *