Financial,  Parenting

Mengapa Mengajarkan Finansial Pada Anak Itu Penting?

Sebagian orang menyadari bahwa menjadi orang tua adalah pekerjaan yang menantang. Bukan hanya wajib mencukupi kebutuhan primer dan sekunder anak, orang tua juga perlu memberikan pendidikan dini untuk anak. Salah satu contoh pendidikan dini yang telah banyak dilakukan oleh orang tua adalah pendidikan karakter. Namun, belum banyak orang tua yang tahu bahwa mengajarkan pendidikan finansial pada anak sejak dini juga penting dilakukan. Komponen pendukung dari luar diri orang tua seperti tempat bermain anak dan keluarga dapat menjadi opsi Anda mengajarkan pendidikan finansial pada anak. Namun, tahukah Anda mengapa pendidikan finansial untuk anak itu penting?

  • Memudahkan hidup anak kelak. Mengajarkan pendidikan finansial pada anak sejak dini dapat membantu kehidupan finansial anak di masa yang akan datang. Bila anak Anda terbiasa mengatur keuangannya sejak dini, ketika dia memiliki penghasilan sendiri, dia akan berpikir untuk menyimpan uangnya untuk hari tua. Dengan demikian, anak Anda akan memiliki kemampuan perencanaan keuangan yang mumpuni dan siklus keuangan yang baik.
  • Menjadikan anak siap untuk hidup mandiri nanti. Anak yang memiliki perencanaan keuangan yang baik dapat menentukan bagaimana cara mengatur pengeluaran, pemasukan, juga utang mereka. Mayoritas dari mereka juga akan memahami dampak kurang baiknya berutang dan akan berusaha untuk tidak memiliki utang dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Mengajarkan anak pendidikan finansial sejak dini akan membuat ia memiliki self-control terhadap uangnya dengan baik. Sehingga, ketika dewasa nanti, ia dapat mengatur keuangannya secara mandiri.
  • Membantu perekonomian negara. Dalam skala besarnya, pendidikan finansial pada anak dapat memberikan dampak pada perekonomian negara. Anak yang menyadari betapa pentingnya menabung akan menyimpan uangnya di bank, yang mana dapat membantu perputaran uang dalam negeri. Begitu pula dalam hal berbelanja. Anak akan tahu bahwa belanja juga perlu dilakukan untuk keberlangsungan ekonomi negeri, namun self-control diperlukan dengan baik. Maka, nantinya anak akan berbelanja secara dewasa dan penuh pertimbangan.

Demikianlah artikel tentang pentingnya mengajarkan finansial pada anak. Jangan lupa untuk mulai mengajarkan anak Anda pengetahuan tentang keuangan sejak dini, ya, supaya Si Kecil dapat memperoleh ketiga manfaat di atas kelak. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *