data processing
Technology

Mengenal 3 Tipe Data Processing

Tahukah Anda apa itu data processing? Untuk perusahaan besar, biasanya aktivitas ini akan melibatkan banyak komponen dan juga teknologi canggih seperti HPE Simplivity Indonesia. Sementara untuk keperluan personal, aktivitas ini seringkali dilakukan secara manual atau menggunakan teknologi sederhana, baik yang gratis maupun berbayar.

Jadi, apa sih data processing itu?

Menurut situs planningtank.com, data processing adalah proses mengonversi data menjadi informasi yang bermanfaat dan dapat digunakan. Ada 3 tipe atau cara yang biasa digunakan dalam pemrosesan data, yaitu:

  • Manual

Ini merupakan cara pemrosesan data yang sangat sederhana. Cara ini tidak menggunakan alat bantu apapun dan semua penghitungan dilakukan secara manual.

  • Mechanical

Proses ini membutuhkan alat bantu berupa kalkulator untuk memproses data berupa angka dan alat bantu lain untuk memproses data lainnya. Namun, tidak menggunakan perangkat komputer.

  • Electronic

Ini merupakan cara pemrosesan data yang paling canggih dan modern. Pada cara ini, data diproses menggunakan teknologi terbaru dengan memanfaatkan komputer, software, dan berbagai teknologi lainnya. Data yang dihasilkan melalui proses ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan bisa diandalkan. Itulah sebabnya, perusahaan pada umumnya menggunakan cara ini untuk pemrosesan datanya. Sebab, akurasi data sangat diperlukan dalam membantu proses analisa untuk bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Data yang bisa diproses adalah semua jenis data, baik itu berupa file, lagu, gambar, angka, dan sebagainya. Setelah data processing selesai, maka data akan disimpan dalam berbagai media yang telah disiapkan sebelumnya. Baik itu media internal, eksternal, maupun media yang saat ini sering digunakan yaitu media via internet atau cloud. Begitu pula dengan jenis file dari data setelah melalui data processing, sangatlah beragam, di antaranya:

  1. File dokumen berupa teks
  2. Grafik
  3. Gambar
  4. Peta atau maps
  5. Format lainnya

Jadi, meskipun yang Anda lakukan hanyalah mengambil data dan kemudian melakukan pengubahan data untuk selanjutnya Anda gunakan, maka Anda sudah melakukan data processing. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *