Health and Beauty

Mengenal Amnesia Disosiatif dan Cara Pengobatannya

Sama halnya dengan amnesia lainnya, amnesia disosiatif juga kondisi dimana seseorang mengalami kehilangan ingatan atas suatu kejadian di masa lalu. Hanya saja, kondisi ini disebabkan oleh trauma atau suatu kejadian menyakitkan yang dialami oleh sang penderita. Sebelum dinyatakan mengalami amnesia disosiatif, penderitanya akan diminta untuk melakukan serangkaian proses pengecekan untuk memastikan bahwa tidak ada penyakit yang mungkin menyebabkan amnesia terjadi. Jika ditemukan, maka penderitanya dapat memanfaatkan asuransi kesehatan miliknya untuk mengobati masalah amnesia ini. Namun, jika tidak ditemukan masalah kesehatan fisik apapun, maka penderitanya akan dirujuk untuk menemui psikiater.amnesia disosiatif

Menurut situs doktersehat, penderita amnesia disosiatif akan memblok memorinya yang terkait dengan suatu peristiwa tertentu yang membuatnya stres atau trauma. Berbeda dengan amnesia lainnya, pada amnesia disosiatif ini, memori akan kejadian tersebut sebenarnya masih ada dalam ingatannya. Hanya saja, karena terlalu menyakitkan atau karena alasan lain, penderita memilih untuk menguburnya sehingga tidak dapat diingat. Hanya saja, kenangan ini dapat kembali muncul jika penderita melakukan terapi, atau terkadang akan muncul dengan sendirinya akibat dipicu oleh sesuatu yang terjadi di sekitar lingkungan penderita, yang mengingatkan penderita akan peristiwa tersebut.

Penderita amnesia disosiatif pada umumnya menyadari adanya celah atau kekosongan pada memorinya. Namun, ada juga beberapa yang tidak menyadarinya dan baru mengetahuinya setelah diingatkan bahwa dia telah melakukan sesuatu tetapi tidak bisa mengingatnya. Terkadang, ada seseorang yang mengalami masalah ini akibat trauma akibat mengalami kekerasan pada saat masih anak-anak. Dan kemudian, memori ini kembali muncul ketika usianya sudah beranjak dewasa.

Mencegah amnesia disosiatif ini bisa dikatakan tidak mungkin, karena amnesia ini bisa terjadi mendadak tepat saat suatu peristiwa terjadi. Akan tetapi, jika Anda atau kerabat Anda mengalami masalah ini, Anda bisa mengobatinya dengan cara melakukan perawatan berikut ini:

  • Psikoterapi.
  • Terapi kognitif.
  • Obat.
  • Terapi keluarga.
  • Terapi kreatif.
  • Hipnosis.

Mengenai lama waktu terapi akan bergantung pada tingkat keparahan yang dialami. Selain itu, dukungan dari orang-orang di sekitar akan sangat memengaruhi proses penyembuhan. Jadi, selalu berikan dukungan yang terbaik untuk keluarga atau kerabat, jika ada yang mengalaminya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *