early access game
Technology

Mengenal Aplikasi Berlabel Early Access dan Beta

Saat men-download aplikasi dengan layanan internet rumah, pernahkah kamu memerhatikan label yang ada di aplikasi tersebut? Kebanyakan aplikasi yang kamu unduh mungkin berlabel Beta, tetapi ada juga aplikasi lain yang masih berlabel Early Access. Nah, apa sih, maksud dari kedua label tersebut? Sudahkah kamu tahu? Jika masih bingung, kamu boleh langsung simak penjelasan berikut ini.

Early Access

Dalam dunia pengembangan software, Early Access merupakan istilah yang tak asing. Early Access merupakan istilah untuk software yang masih dalam tahap pengembangan awal. Software atau aplikasi ini dirilis untuk diuji agar pengembang tahu apa yang perlu diubah, dan apa yang perlu ditambahkan dalam aplikasi mereka.

Dalam kata lain, aplikasi Early Access sebenarnya belum siap untuk dirilis dan digunakan. Jadi, jangan heran kalau kamu masih menemukan banyak kekurangan pada aplikasi Early Access. Namun sebelum kamu mengeluhkan kekurangan-kekurangan dari aplikasi tersebut, pengembang akan menuliskan beberapa peringatan bawa akan ada banyak bugs dan juga ketidakstabilan.

Namun, tak semua aplikasi Early Access ketidakstablian. Terkadang banyak juga aplikasi yang meskipun masih berlabel Early Access tapi sudah bisa berjalan dengan baik.

Beta

Lain halnya dengan Early Access, aplikasi berlabel Beta berarti sudah lebih baik dan stabil. Mengapa dinamakan Beta? Beberapa sumber mengatakan bahwa istilah Beta ini mengacu pada siklus hidup serangga yang melalui beberapa tahapan seperti telur, larva, pupa, dan dewasa. Kemudian pengembang menerapkan konsep yang sama pada perkembangan aplikasi. Jadi, siklus perkembangan aplikasi harus melalui pre-alpha, alpha, beta, baru kemudian, kandidat rilis.

Di aplikasi Beta, pengembang juga masih melakukan uji coba pada fitur-fitur baru. Jika lolos, fitur-fitur baru ini nantinya akan dirilis di aplikasi yang telah stabil.

Dengan men-download aplikasi Beta, berarti kamu bisa mencoba fitur-fitur baru aplikasi lebih dulu daripada orang lain. Ada beragam aplikasi Beta yang bisa kamu coba di Google Play maupun Apple Store.

Kini, kamu sudah tidak bingung lagi kan dengan label aplikasi Early Access dan Beta?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *