Batik Khas Bali
Uncategorized

Mengenal Batik Dari Berbagai Daerah

Batik mungkin identik dengan pulau Jawa saja, namun banyak daerah – daerah lain yang juga memiliki batik dengan corak dan motifnya tersendiri. Jika anda tertarik untuk mengunjungi kota – kota penghasil batik berikut, ada baiknya jika anda menggunakan asuransi liburan untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan.

  1. Palembang

    Batik Khas Palembang
    source : http://www.palembang-tourism.com

Batik Palembang memiliki ciri khas dari motifnya yang halus dan memiliki warna yang tajam. Beberapa motif batik khas Palembang ini adalah lasem, sisik ikan, encim, dan kembang. Dua motif batik asal Palembang yakni motif lasem dan motif bungo adalah motif yang cukup terkenal di Indonesia. Batik khas Palembang ini juga memiliki motif yang mengikuti syariat Islam, yaitu tidak menggunakan gambar binatang dan manusia.

  1. Bengkulu

    Batik Khas Bengkulu Besurek
    Source : https://www.dewimagazine.com

Batik Bengkulu memiliki motif yang menyerupai kaligrafi huruf arab serta potongan – potongan ayat suci Al-Quran. Oleh karena itu, batik khas Bengkulu ini diberi nama batik besurek. Selain potongan ayat, batik ini juga memiliki motif bunga raflesia, burung, relung paku dan rembulan. Batik besurek ini pada masas kerajaan Demak digunakan sebagai kain penutup Al-Quran di kalangan para bangsawan.

  1. Bali

    Batik Khas Bali
    Source : https://infobatik.id

Tidak seperti batik yang berasal dari daerah lainnya, batik asal Bali ini memiliki corak dan motif yang bebas dan tidak terpatok pada peraturan apapun seperti batik – batik lainnya, terutama batik – batik khusus keratonan. Batik Bali pada umumnya memiiki perpaduan ornamen yang menarik antara motif pulau dewata dan hewan – hewan yang berada pada motif batik khas Cina seperti naga, rusa, dan kura – kura. Pada umumnya batik khas Bali memiliki warna yang cerah.

  1. Minahasa

    Batik Khas Minahasa
    Source : https://infobatik.id/batik-minahasa/

Batik Minahasa memiliki inspirasi untuk motifnya dari waruga, yang merupakan istilah dari bentuk makam para leluhur warga Minahasa yang terbuat dari batu. Selain itu, beberapa motif batik Minahasa yang terkenal adalah motif tarawesan paredey dan wewengkalen.

  1. Indramayu

    Batik Khas Indramayu
    Source : https://infobatik.id/motif-batik-indramayu/

Mayoritas penduduk Indramayu memiliki pekerjaan sebagai nelayan dan petani,  dikarenakan kota Indramayu yang merupakan kota pesisir. Hal ini juga memberikan inspirasi bagi motif batik yang berasal dari kota Indramayu. Pada umumnya motif batik Indramayu menggambarkan suasana pesisir. Selain itu batik Indramayu juga memiliki motif bernuansa flora dan fauna.

Jadi motif batik manakah yang paling menarik untuk anda koleksi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *