asuransi pendidikan
Financial,  Insurance

Mengenal Dua Jenis Asuransi Pendidikan

Asuransi menjadi hal yang sangat penting bagi sebagian orang saat membuat perencanaan keuangan. Apalagi bagi yang sudah berkeluarga, memiliki asuransi merupakan cara terbaik untuk melindungi finansial keluarganya. Apalagi, saat ini perusahaan asuransi sudah banyak yang menerapkan cara klaim asuransi yang cenderung praktis dan tidak membutuhkan proses yang terlalu panjang. Sehingga membuat produk keuangan ini semakin diminati.

Di antara banyaknya jenis produk asuransi, asuransi pendidikan merupakan salah satu yang paling banyak dipilih oleh kepala keluarga untuk melindungi pendidikan sang buah hati. Namun, terkadang mereka bingung dengan perbedaan jenis asuransi pendidikan yang ditawarkan oleh agen perusahaan asuransi. Apalagi, jika agen yang menawarkan tidak benar-benar memahami produk asuransi yang ditawarkan.

Nah, supaya Anda tidak bingung dan salah memilih, berikut ini adalah dua jenis asuransi pendidikan yang biasanya ditawarkan oleh agen asuransi:

  • Endowment

Asuransi ini merupakan asuransi jiwa yang juga memiliki manfaat tabungan. Ini merupakan jenis asuransi pendidikan yang terbilang dasar. Pada asuransi ini, klaim asuransi pendidikan akan cair ketika pemegang polis mengalami risiko sehingga cacat tetap total atau meninggal dunia (kehilangan kemampuan untuk mencari nafkah) selama polis masih berlaku. Namun, jika hingga kontrak polis habis, maka pemegang polis akan mendapatkan manfaat tabungan. Tabungan ini bersifat seperti tabungan berjangka yang sudah pasti akan cair setelah waktu kontrak habis. Jadi, Anda tidak perlu takut kehilangan uang yang telah dibayarkan.

  • Unitlink

Asuransi ini bisa dibilang asuransi pendidikan dengan sistem modern karena sudah menggabungkan asuransi jiwa dengan manfaat investasi. Karena manfaat investasi inilah, perusahaan asuransi tidak bisa menjamin nilai pertanggungannya nanti. Namun penting untuk mengecek poin penting dalam asuransi jiwa yang telah digabung dengan asuransi pendidikan ini. Jika investasi berhasil, maka Anda akan menerima nilai pertanggungan lebih besar daripada asuransi tanpa investasi. Namun hal sebaliknya juga berlaku, jika investasi gagal, maka ada kemungkinan Anda mengalami kerugian. Untuk asuransi ini, Anda harus berhati-hati terhadap tawaran keuntungan investasi yang dikatakan agen. Selalu ingat bahwa tidak ada satupun bentuk investasi yang bebas risiko. Jadi, waspadalah jika ada agen asuransi yang mengatakan bahwa investasi yang dilakukan pasti aman dan bebas risiko.

Di antara kedua jenis asuransi stersebut, mana yang menurut Anda paling sesuai untuk melindungi pendidikan anak Anda? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *