ckd car
Automotive

Mengenal Istilah CKD & CBU dalam Dunia Otomotif

Tahukah Anda bahwa tidak semua mobil yang beredar di Indonesia dirakit langsung di Indonesia? Memang untuk beberapa jenis mobil dengan tingkat peminat tinggi, proses perakitan umumnya sudah dilakukan di Indonesia. Misalnya saja untuk Anda yang mengambil kredit mobil Mitsubishi. Perbedaan proses dan lokasi perakitan tersebut dikenal dengan istilah CKD dan CBU. Di Indonesia, kedua istilah ini diatur dan tertuang dalam peraturan Menteri Perindustrian 275/MPP/KEP/6/1999 tentang Industri Kendaraan Bermotor. 

Lantas, apakah keduanya memiliki perbedaan? Yuk, langsung saja disimak pembahasannya!

  • CKD (Completely Knock Down)

Completely Knock Down atau CKD merupakan mobil yang dirakit di dalam negeri. Biasanya, komponen-komponen yang digunakan untuk membuat mobil jenis ini diimpor dari luar negeri atau diproduksi langsung di dalam negeri sehingga untuk pajaknya sendiri terbilang lebih murah dibanding mobil CBU.  

  • CBU (Completely Built Up)

Berbeda dengan CKD, CBU atau Completely Built Up merupakan mobil-mobil yang diimpor langsung dari luar negeri dalam keadaan utuh.

Beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh dua jenis mobil ini dapat dilihat dalam tabel berikut:

CKD CBU
Harga Harga jual mobil lebih murah karena komponen-komponen yang digunakan pada mobil dikirim secara terpisah sehingga dapat memangkas biaya pajak dan bea cukai saat masuk ke Indonesia Harga jualnya terbilang cukup tinggi karena diimpor dari luar negeri dan dikenakan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM)
Performa Desain interior dan dapur pacu mesin mobil CKD dianggap kurang bertenaga Memiliki performa dan tenaga yang cukup kuat
Spare part Mudah dalam perawatan dan spare part mobil banyak dijual di pasaran sehingga semakin memudahkan pengendara ketika membutuhkannya Jika terjadi kerusakan pada mobil akan sangat sulit untuk mencari spare part-nya karena harus diimpor dari luar negeri
Service Tersedia banyak sekali bengkel mobil yang menawarkan jasa servis mobil jika mobil tersebut rusak, baik resmi maupun tidak Tidak semua bengkel memberikan jasa servis untuk mobil CBU

Itu dia perbedaan antara mobil CKD dan CBU. Sudah tahu kan sekarang perbedaannya. So, Anda tertarik membeli mobil yang mana, nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *