Automotive

Mengenal Lebih dekat Komponen Mesin Sepeda Motor

Bagi para pengguna sepeda motor, melakukan ganti oli mesin motor secara teratur pasti menjadi hal yang wajib dilakukan. Namun, selain melakukan perawatan tersebut, Anda juga sebaiknya mengetahui beberapa hal lain tentang sepeda motor kesayangan Anda. Salah satunya yaitu, mengetahui komponen apa saja yang ada pada motor, sekaligus fungsinya.motor

Memang sih, di saat sepeda motor mengalami kerusakan Anda bisa langsung membawanya ke bengkel motor terdekat, namun jika Anda bisa memperbaikinya sendiri, kenapa tidak diperbaiki saja? Berikut ini kami rangkum beberapa komponen mesin sepeda motor sekaligus fungsi yang diberikannya.

  1. Ring Oli merupakan salah satu komponen di bagian dalam sepeda motor yang berfungsi untuk mengikis oli yang menempel pada dinding silinder mesin motor.
  2. Piston sendiri mempunyai fungsi untuk meneruskan tekanan yang memutar pada bagian poros engkol sekaligus menerima tekanan dari hasil pembakaran gas yang saling mencampur.
  3. Pena Piston difungsikan untuk mengikat bagian batang piston dengan pistonnya.
  4. Ring Kompresi bermanfaat untuk merapatkan komponen kompresi di bagian dalam komponen sepeda motor.
  5. Poros Engkol. Untuk komponen ini digunakan untuk mengubah gerak bolak balik komponen piston menjadi ke bentuk putaran.
  6. Stang Piston. Dan bagian Stang Piston ini berguna untuk menghubungkan piston dengan bagian komponen poros engkol.
  7. Roda Gila, bagian komponen yang satu ini dimanfaatkan untik menstabilkan tenaga putar di sepeda motor.
  8. Intake Silinder. Intake silinder adalah komponen di sepeda motor yang dijadikan sebagai komponen untuk menyalurkan berbagai cairan yang masuk ke dalam motor.
  9. Exhause Manifol. Jika Intake Silinder digunakan untuk menyalurkan cairan yang masuk ke motor, maka Exhause Manifol ini dijadikan sebagai komponen untuk mengeluarkan cairan yang keluar dari mesin motor.
  10. Karter. Nah, komponen karter memiliki fungsi untuk menampung ol sekaligus menutup bagian mesin bawah motor.
  11. Kepala Silinder. Bagian Kepala Silinder ini digunakan untuk membentuk ruang bakar, menutup blok silinder, sekaligus dudukan untuk roker arm dan katub.
  12. Blok Silinder. Blok Silinder punya bagian paling penting di dalam komponen sepeda motor, karena bagian ini adalah rumah bagi piston dan komponen lainnya.

Itulah berbagai komponen mesin yang terdapat di dalam sepeda motor yang patut Anda ketahui. Semoga bermanfaat! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *