minum air
Health and Beauty,  Lifestyle

Minum Air Putih Terlalu Banyak, Berbahayakah?

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, salah satunya yaitu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi 7 hingga 8 gelas air putih atau setara dengan 2,3 liter air putih. setiap harinya. Tanpa terpenuhinya kebutuhan ini, akan membuat tubuh berisiko terserang berbagai penyakit yang membuat Anda terpaksa harus mengajukan Allianz Klaim asuransi kesehatan untuk membiayai pengobatan Anda.

Memang terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup sangat penting. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata jika mengonsumsi air putih dalam jumlah berlebihan juga berisiko menyebabkan Anda mengalami masalah kesehatan?

Mengutip dari situs CNN Indonesia, Dokter Ahli Penyakit Ginjal dari RS MRCCC Siloam, yaitu Dr. Tunggul D Situmorang, terlalu banyak konsumsi air akan berbahaya karena berisiko menyebabkan masalah kesehatan pada ginjal, terutama pada orang dengan satu ginjal atau yang telah memiliki riwayat penyakit ginjal sebelumnya. Selain itu, menurut ahli Ginjal hipertensi FKUI RSCM dalam situs detikhealth, pada orang normal yang mengonsumsi air putih terlalu banyak, juga berisiko mengalami masalah kesehatan akibat adanya penurunan natrium dalam darah atau yang biasa disebut dengan hiponatremia.

Kondisi hiponatremia ini sangat berbahaya, karena natrium bertugas untuk menjalankan berbagai fungsi penting dalam tubuh. Menurut situs klikdokter, seseorang yang mengalami hiponatremia sangat berisiko mengalami beberapa masalah kesehatan berikut ini:

  • Pembengkakan sel otak
  • Pembengkakan sel otot
  • Masalah kesehatan pada jantung
  • Nyeri pada pinggang
  • Sakit kepala

Semua masalah di atas disebabkan adanya pembengkakan pada seluruh sel dalam tubuh akibat hiponatremia. Biasanya kondisi tersebut akan ditandai dengan rasa ngantuk dan lelah yang tidak wajar.

Sayangnya, gejala hiponatremia ini menyerupai gejala dehidrasi sehingga banyak yang salah mengartikannya. Sehingga mereka akan mengonsumsi air putih lebih banyak untuk mengatasi masalah tersebut. Akibatnya kondisi hiponatremia ini akan semakin parah. Padahal ketika sel-sel membengkak, terutama sel otak, maka akibatnya akan sangat fatal hingga menyebabkan kematian.

Untuk mengatasinya, ada baiknya jika Anda segera memeriksakan diri ke dokter ketika merasakan adanya masalah pada kesehatan Anda. Selain itu, konsumsilah air putih dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan ataupun kekurangan, jadi Anda bisa terhindar dari dehidrasi dan juga hiponatremia. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *