Automotive

Mobil Dengan Plat Putih, Bolehkah Digunakan?

Pernahkah Anda melihat mobil di jalan yang menggunakan plat berwarna putih dengan tulisan atau angka berwarna merah? Di beberapa lokasi mobil dengan kondisi ini banyak ditemukan. Terutama ketika sedang ada promo mobil Mitsubishi sehingga semakin banyak orang tertarik untuk membeli mobil Xpander yang memiliki banyak kelebihan. Ketika melihat mobil dengan plat tersebut, pernahkah Anda berpikir mengapa platnya berbeda dari yang lain? Jika iya, berikut ini penjelasannya.

Plat di Indonesia memiliki beberapa jenis dengan tujuan yang berbeda. Untuk plat dengan warna dasar putih tulisan merah menandakan bahwa mobil tersebut baru saja keluar dari pabrik atau sederhananya menunjukkan bahwa itu adalah mobil baru. Biasanya plat ini akan digunakan pada mobil yang akan diantarkan ke lokasi pemilik barunya atau  pembeli mobil tersebut. Atau digunakan juga pada saat mobil di antarkan dari dealer yang satu ke dealer yang lain.

Lalu, bolehkah mobil dengan plat seperti ini digunakan untuk keseharian?

Jawabannya adalah tidak. Seperti yang telah dijelaskan di atas, plat ini penggunaannya terbatas untuk mobil baru dengan tujuan antar dealer atau ke lokasi pemilik barunya. Hanya boleh digunakan jika pengemudinya berasal dari pabrik ataupun dealer mobil tersebut, bukan masyarakat biasa. Sayangnya, saat ini sangat banyak masyarakat yang menggunakan plat mobil ini untuk dipasang pada mobil barunya yang belum memiliki plat. Alasannya karena mereka butuh menggunakan mobil tersebut sementara pengurusan surat-surat kendaraan belum selesai. Padahal hal ini sama sekali tidak boleh dilakukan.

Menurut informasi resmi dari NTMC Polri, mobil yang belum memiliki plat resmi berwarna dasar hitam dengan tulisan putih dan ada cap dari kepolisian, artinya belum terdaftar resmi oleh polisi. Menggunakan mobil dengan kondisi ini bisa dikatakan ilegal meskipun Anda sudah menyelesaikan transaksi mobil tersebut dengan dealer. Jika Anda tetap memaksa untuk mengendarainya dan terkena tilang, maka polisi berhak untuk mengambil kendaraan tersebut karena Anda tidak akan bisa menunjukkan surat-surat resminya.

Setelah mengetahuinya, apa Anda masih mau nekat untuk menggunakan mobil baru Anda? Jika Anda tidak mau kehilangan mobil yang baru saja dibeli, ada baiknya jika Anda memikirkannya lagi dan bersabar hingga proses dokumen mobil Anda selesai diurus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *