oli mobil
Automotive

Oli Encer Lebih Bagus, Benarkah?

Bagi para pengguna maupun pemilik kendaraan, memilih oli dengan spesifikasi terbaik merupakan hal yang penting, sama pentingnya dengan ganti oli mesin secara rutin. Biasanya mereka akan mengikuti aturan oli yang telah ditetapkan oleh pabrikan sesuai dengan yang tercantum pada buku manual. Namun, ketika beberapa bulan berlalu, banyak yang akhirnya mulai lebih mempercayai pendapat orang di sekitar dibandingkan dengan buku manual.

Misalnya saja ketika orang banyak yang bilang bahwa oli encer lebih bagus daripada oli yang kental. Namun, apakah benar demikian?

Sebenarnya tidak ada yang lebih bagus antara oli encer atau oli kental. Sebab semuanya akan bergantung pada kebutuhan mesin kendaraan Anda. Jika kerapatan antar mesin kendaraan Anda renggang, maka menggunakan oli kental akan menjadi pilihan yang tepat. Oli ini nantinya tidak hanya akan berfungsi untuk melumasi komponen mesin agar tidak saling bergesekkan saja, tetapi juga berfungsi untuk mengisi kekosongan ruang antar mesin. Sehingga mesin akan tetap dapat berfungsi maksimal.

Jika kendaraan dengan kondisi ini menggunakan oli yang terlalu encer, maka cairan oli tidak akan bisa melumasi mesin secara maksimal. Selain itu, rongga antar mesin tidak terisi sehingga mesin tidak dapat bekerja dengan maksimal. Biasanya kendaraan yang membutuhkan oli seperti ini adalah kendaraan dengan usia di atas 10 tahun yang kerapatan mesinnya mulai longgar karena dimakan usia.

Sementara itu, oli encer akan sangat sesuai untuk digunakan pada kendaraan saat ini. Sebab celah antar mesin pada kendaraan sekarang sangat sempit. Ketika Anda menggunakan oli yang terlalu kental, maka oli tidak bisa masuk ke dalam celah mesin sehingga gesekkan antar mesin tidak teredam. Hal ini secara otomatis akan memperpendek usia mesin.

Tidak hanya itu, menggunakan oli yang terlalu kental untuk kendaraan sekarang akan membuat mesin harus bekerja ekstra keras. Tarikan kendaraan akan terasa lebih berat dan hal ini akan mempengaruhi kenyamanan serta keamanan Anda saat berkendara. Lebih parahnya lagi, kondisi ini juga akan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros.

Nah, setelah mengetahuinya, semoga Anda tidak lagi terlalu percaya dengan pendapat orang tanpa memperhatikan kebutuhan mesin kendaraan kesayangan Anda, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *