Automotive, Financial

Pentingnya Memiliki Asuransi Bagi Pemiliki Bisnis Rental Mobil

Bisnis rental mobil bisa menjadi usaha yang sangat menguntungkan. Namun, mengelola bisnis tersebut bukan hal yang mudah. Meskipun peluang untuk mendapatkan keuntungannya besar, peluang kerugian dari risiko yang mungkin terjadi juga besar. Mulai dari risiko kecelakaan, kerusakan, bahkan kehilangan tidak bisa terlepas dari bisnis ini. Karena itu, penting sekali untuk menyiapkan strategi yang tepat untuk mencegah kerugian dari risiko-risiko tersebut. Salah satunya bisa dilakukan dengan memiliki asuransi mobil rental. Seberapa pentingnya asuransi mobil dalam bisnis rental mobil?rental mobil

Asuransi mobil sangat penting karena Anda tidak dapat mengontrol penyewa mobil – bagaimana cara ia berkendara, apakah ia akan merawatnya dengan baik, dan lain-lain. Bahkan meskipun penyewa sudah melengkapi data-data, tetap saja masih ada risiko yang tidak bisa Anda cegah. Ini merupakan salah satu alasan mengapa pemilik bisnis rental perlu memiliki asuransi mobil.

Memang modal yang dikeluarkan untuk membuka bisnis rental mobil memang tidak sedikit. Akan tetapi pemilik usaha juga harus menyiapkan biaya untuk membeli asuransi. Premi asuransi yang ditanggung akan jauh lebih ringan dibandingkan harus menanggung risiko yang mungkin terjadi. Jika dihitung-hitung, biasanya angsuran premi asuransi mobil tidak mencapai 5 persen dari harga mobil yang diasuransikan. Namun bayangkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan ketika harus menanggung risiko-risiko seperti kerusakan atau kehilangan? Tentunya akan jauh lebih mahal daripada angsuran premi yang Anda bayar perbulannya.

Apalagi, mobil merupakan aset yang paling berharga dalam bidang bisnis ini. Bisa dibilang, jika satu mobil saja mengalami masalah dan tidak bisa digunakan, maka penghasilan atau keuntungan bisnis akan berkurang. Dengan asuransi mobil, mobil yang mengalami kerusakan bisa segera diganti dengan mobil lain atau bisa segera diperbaiki di bengkel. Kerugiannya pun tidak akan sebesar ketika Anda menanggung sendiri. (source: finansialku.com)

Tiga alasan di atas rasanya sudah cukup menggambarkan betapa pentingnya asuransi mobil bagi pemiliki bisnis rental mobil. Selain tidak mengetahui siapa yang akan menyewa mobil Anda, asuransi mobil akan membantu menanggung kerugian yang akan Anda alami saat menghadapi sebuah risiko. Jadi, sebelum berniat untuk membuka bisnis, sebaiknya kenali asuransi kendaraan lebih dalam dan manfaatkan keuntungannya untuk bisnis Anda! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *