Riset Dunia Kesehatan
Health and Beauty,  News

Peran Tanoto Foundation dalam Mendukung Kemajuan Riset Kesehatan di Asia

Kesehatan adalah harta paling berharga untuk setiap manusia. Untuk itu, tidak heran bila riset mengenai penyakit serta metode penyembuhan yang paling tepat menjadi salah satu perhatian dalam dunian kesehatan. Sayangnya, kebanyakan riset dan penelitian kesehatan berlokasi di benua lain seperi Eropa dan Amerika. Hal ini menyebabkan penyakit-penyakit yang sering muncul di Asia kurang mendapat perhatian.

Hal ini membawa keprihatinan tersendiri bagi bapak Sukanto Tanoto. Untuk itu, melalui yayasan yang beliau dirikan pada tahun 1981 yaitu Tanoto Foundation, beliau mencoba menawarkan solusi untuk permasalahan ini. Solusi yang ditawarkan berupa pemberian dana penelitian untuk meneliti berbagai jenis penyakit endemik di daerah-daerah tertentu di Asia.

Pendanaan Penelitian

Untuk dapat menemukan jenis pengobatan penyakit, khususnya penyakit endemik, perlu dilakukan penelitian secara mendalam. Ada berbagai faktor yang perlu dipahami mulai dari pengaruh eksternal dalam hal ini lingkungan tempat penyebaran penyakit, hingga pengaruh internal seperti penyebab dari penyakit itu sendiri.

Tahap penelitian itu sendiri masih membutuhkan proses panjang sebelum akhirnya dapat menemukan pengobatan yang tepat. Untuk melalui semua proses tersebut dibutuhkan dana secara berkelanjutan. Tanoto Foundation dibawah pimpinan Sukanto Tanoto siap memberikan bantuan dana bagi para peneliti dengan harapan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan taraf kesehatan di daerah tersebut.

Penerima Pendanaan Penelitian

Hingga saat ini, Sukanto Tanoto melalui Tanoto Foundation telah memberikan setidaknya pendanaan kepada 3 pihak yang telah berkontribusi positif dalam penelitian kesehatan.  Ke 3 pihak tersebu adalah:

  • Stuart Cook
Prof Stuart Cook
Sumber : Inside REG

Beliau merupakan seorang profesor yang sukses mengidentifikasi gen baru serta memimpin penelitian mengenai efek mutasi dari gen tersebut terhadap masalah lemahnya otot jantung yang menimpa orang Asia. Hasil dari penelitian beliau diwujudkan dalam bentuk alat tes jantung yang telah dipergunakan oleh lebih dari 10 ribu pasien di seluruh dunia.

  • Lim Soon Thye

Tanoto Foundation juga turut mendanai penelitian yang dilakukan oleh Lim Soon Thye beserta tim. Hasil dari penelitian ini telah meningkatkan pengetahuan mengenai jenis-jenis kanker yang umum ditemukan di benua Asia, khususnya mengenai upaya deteksi, perawatan, serta upaya pencegahan sejak dini.

  • Karl Tryggvason

Pendanaan dari Tanoto Foundation kepada Karl Tryggvason ini diberikan dalam upaya menemukan metode baru dalam mengkultur atau menumbuhkan sel kulit manusia yang dipergunakan untuk keperluan medis. Terobosan yang dihasilkan membuka jalan lebar bagi perawatan permasalahan kulit serta berbagai aplikasi medis lainnya yang berkaitan dengan upaya regenerasi.

Tentu saja dalam hal ini, Tanoto Foundation tidak bekerja sendiri. Agar proses penelitian dapat berjalan lancar, Sukanto Tanoto melalui Foundation ini bekerja sama dengan Sekolah Kesehatan Duke-NUS di Singapura dalam hal penyediaan fasilitas dan juga beasiswa untuk pelaksanaan penelitian.

Kepedulian Sukanto Tanoto memang sangat luas dan mencakup berbagai bidang. Tanoto Foundation yang pada awalnya lebih banyak berfokus pada upaya pengembangan tingkat pendidikan yang berkualitas bagi seluruh jenjang usia kini juga mulai masuk dalam dunia kesehatan. Hal ini tentu saja turut menambah daftar panjang kepedulian sosial dari Sukanto Tanoto yang diwujudkan dalam berbagai program. Sebelumnya, Sukanto Tanoto melalui Royal Golden Eagle dan anak perusahaan dari RGE itu sendiri telah mengembangkan berbagai program yang bertujuan untuk menyejahterakan sumber daya manusia yang berada di dalam dan lingkungan sekitar setiap perusahaan mereka. Tidak heran bila dikatakan bahwa Sukanto Tanoto telah menyentuh kehidupan banyak orang dalam hal-hal positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *