Automotive

Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Ganti Oli Motor!

Meskipun terlihat mudah, ternyata mengganti oli motor harus hati-hati, lho! Banyak sekali orang-orang yang memilih untuk mengganti oli motor sendiri karena alasan ingin berhemat dan merasa bahwa mengganti oli itu adalah pekerjaan yang sepele. Cukup memilih oli motor terbaik untuk matic ataupun manual dan menggantinya sesuai instruksi, maka semua akan beres. Padahal, pada kenyataannya ada beberapa hal yang sering terlupakan atau bahkan tidak diketahui yang dapat mempengaruhi kualitas mesin motor Anda ketika mengganti oli!ganti oli motor

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk menghindari kerusakan fatal pada mesin motor Anda!

  1. Menyemprot Lubang Oli Dengan Udara Tekanan Tinggi

Tidak hanya orang awam, bahkan beberapa tukang bengkel juga tidak mengetahui bahwa hal ini sangatlah fatal jika dilakukan. Tekanan udara yang terlalu tinggi memang membantu oli lama cepat keluar, namun juga membuat kotoran-kotoran oli tersebut menjadi tersebar ke mesin-mesin lainnya. Sangat disarankan untuk menggunakan tekanan udara yang rendah, dan hentikan semprotan ketika oli sudah keluar 2/3-nya. Biarkan oli menetes dengan sendirinya.

  1. Ganti Ring Oli

Ring oli memang terlihat seperti material yang bisa digunakan berkali-kali, namun pada kenyataannya Anda wajib untuk mengganti ring oli setiap membuka pembuangan oli. Ini dilakukan untuk menghindari kebocoran pada saat pemasangan kembali baut oli.

  1. Jangan Buka Baut Pembuangan Saat Mesin Masih Panas

Hindari melakukan hal tersebut! Hal ini disebabkan ketika mesin yang baru berhenti dan masih dalam keadaan panas, baut yang ada pada komponen masih dalam keadaan memuai. Keadaan ini sangat fatal jika tetap dipaksakan karena bisa merusak ulir baut.

  1. Rajin-Rajin Ganti Oli!

Jangan pernah menunggu tanda-tanda bahwa mesin rusak! Rajin-rajinlah untuk mengganti oli mesin motor Anda setiap 12.000 km untuk memastikan mesin motor tetap ada dalam keadaan sehat. Bersihkan filter oli dan jangan lupa membuang sisa kotoran yang ada pada mesin!

Tak perlu sering gonta-ganti brand oli motor, yang penting 4 hal di atas wajib Anda lakukan sebelum mengganti oli. Ada baiknya untuk Anda menggunakan jasa bengkel resmi untuk memastikan oli Anda diganti dengan baik dan benar jika Anda masih belum merasa mampu menggantinya sendiri. Semoga bermanfaat! (Della)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *