woman putting on skin care
Health and Beauty

Perlukah Tetap Memakai Skin Care selama #DiRumahAja?

Serangkaian peralatan makeup—mulai dari foundation lokal bagus, face powder, highlighter, lipstick, eyebrow pencil, sampai mascara—milikmu memang tak tergunakan selama masa swakarantina untuk menghindari COVID-19. Ya, mungkin sesekali akan kamu gunakan ketika harus video call meeting dengan klien maupun atasan; atau ketika kamu bosan dan ingin menghibur diri saja.

Namun, bagaimana dengan rutinitas skin care yang biasa kamu pakai sebelum dan sesudah melalui perjalanan ke kantor? Perlukah tetap memakai produk-produk perawatan wajah itu sementara kamu hanya #DiRumahAja selama berminggu-minggu?

Konsistensi adalah kunci

Menurut ahli kecantikan selebritas, Candace Marino, memakai skin care di masa karantina seperti sekarang ini tetaplah perlu. Pasalnya, kunci dari kecantikan adalah konsistensi. Sehingga, ketika seorang wanita yang biasa memakai skin care melewatkan satu rutinitasnya, ‘kekacauan’ akan terbit. ‘Kekacauan’ yang dimaksud bisa berupa kulit tampak kusam, jadi kering, atau malah muncul jerawat. Jadi, teruslah menggunakan skin care meskipun hanya berdiam di dalam rumah atau kosan lebih dari sepekan.

Kecantikan wajah tidak bergantung tempat

Alasan lain mengapa skin care tetap perlu digunakan ialah perawatan tersebut akan membantu menjaga kesehatan kulit selama di dalam rumah. Ya, ternyata situasi dalam ruangan belum tentu jauh lebih baik daripada situasi di luar. Sebab, keyboard laptop yang kotor, lampu buatan, uap masakan di dapur, kadar oksigen yang lebih sedikit juga bisa memberikan pengaruh yang tidak baik untuk kulit wajah. Makanya, menurut Brigette Beasse, seorang ahli kecantikan selebritas juga, rutinitas skin care tidak boleh diabaikan walau hanya beraktivitas di dalam ruangan.

Konsumsi makanan dan minuman punya pengaruh

Elina Fedotova, seorang ahli kecantikan selebritas sekaligus pemilik Elina Organics Spas di Michigan, mengatakan jika masa-masa karantika—yang mungkin sekali membuat siapa pun menjadi stres—cenderung membuat orang mengonsumsi makanan yang membuat mereka senang dan tenang. Situasi ini jugalah yang membuat seseorang lupa bahwa kesehatan dan kecantikan kulit wajah bergantung pada asupan makanan. Oleh karena itu, Fedotova menyarankan untuk tidak sering memakan gorengan, keju, atau makanan dengan kandungan susu yang banyak agar tidak ‘merusak’ kulit wajah.

Hmm, ternyata meski ‘terkurung’ di dalam rumah, rutinitas skin care tidak boleh dilupakan, ya. Nah, kalau kamu sudah telanjur sempat mengabaikan kegiatan tersebut, yuk kembali pakai skin care-mu! Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *