bahan bakar minyak
Automotive

PertamaDEX vs Solar Reguler

Mungkin istilah “Pertama DEX” sudah tidak asing lagi bagi para pengendara mobil bermesin diesel. Selain karena mudah ditemukan, hasil pembakaran dari penggunaan Pertama DEX pada mesin diesel pun memberikan performa lebih baik. Namun, ternyata selain Pertama DEX juga ada solar regular yang kualitasnya sedikit dibawah Pertama DEX namun dengan harga yang relatif cukup murah. Lalu, jika Anda memiliki bisnis menggunakan truk angkutan barang maupun mobil van, manakah yang lebih baik sebagai bahan bakar kendaraan Anda?

Dari segi performa, Pertamina DEX jelas lebih unggul dibandingkan dengan solar regular. Pertama DEX telah mendapatkan penghargaan sebagai bahan bakar terbaik se Asia Tenggara. Selain itu Pertama DEX direkomendasikan untuk mesin diesel dengan teknologi terbaru, atau biasa disebut dengan Diesel Common Rail System. Hal ini dikarenakan hasil pembakaran yang lebih baik memberikan tenaga yang lebih besar dan tentunya lebih irit dalam pemakaian.

Namun, pada sisi logistik dan ekonomi, solar regular lebih unggul dengan harganya yang relatif murah dibandingkan dengan Pertamax DEX. Khususnya di Indonesia, tidak banyak truk atau mobil colt diesel beroperasi menggunakan mesin diesel dengan teknologi terbaru sehingga masih aman menggunakan solar regular. Selain itu, dengan harganya yang relatif murah cukup membantu meringankan biaya logistik dengan adanya penambahan harga tiket tol di sejumlah ruas tol di ibukota dan luar kota.

Penggunaan Pertamax DEX sendiri untuk saat ini masih didominasi oleh kendaraan pribadi. Pertamax DEX lebih mudah ditemukan dan saat ini tidak lagi di jual di pom bensin tertentu saja. Sementara untuk solar regular semakin jarang ditemui karena perlahan mesin – mesin diesel diubah menggunakan mesin diesel dengan teknologi terbaru. Meskipun demikian, solar regular masih menjadi pilihan bagi para pengendara truk dan pemilik bisnis yang menggunakan truk sebagai logistik utamanya.

Bila Anda memiliki bisnis yang memiliki kebutuhan logistik tinggi, Anda bisa kembali mempertimbangkan pemilihan bahan bakar yang terbaik bagi perusahaan anda. Apakah Pertamax DEX dengan perfoma tinggi namun harga yang cukup mahal, ataukah cukup menggunakan solar regular dengan perfoma biasa namun harga yang relatif murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *