Rak menjadi salah satu furniture yang penting dan harus ada di setiap rumah. Baik itu rak buku, rak tv minimalis, ataupun rak lainnya. Benda ini sangat dibutuhkan karena digunakan untuk meletakkan berbagai benda sesuaai dengan jenis raknya.

Namun, agar dapat berfungsi maksimal dan tentunya terlihat menarik di ruangan, Anda harus memilih rak yang tepat. Misalnya dengan memerhatikan material yang digunakan untuk membuat rak. Berikut ini adalah beberapa material yang biasa digunakan:

  • Kaca

Rak yang terbuat dari kaca sangat tepat jika digunakan untuk menyimpan berbagai benda yang cukup rentan rusak. Misalnya pajangan atau frame foto. Sebab material kaca ini akan membuat tampilan pajangan Anda tampak semakin menarik. Selain itu, karena transparan, maka tidak akan masalaah jika seandainya Anda menggunakan rak yang dilengkapi penutup. Sebab semua pajangan akan tetap terlihat sementara tutup rak dapat melindungi pajangan dari debu.

  • Kayu

Kayu merupakan salah satu material yang paling umum digunakan untuk membuat furniture. Baik kayu murni maupun kayu olahan. Sebab, furniture yang terbuat dari kayu ini masih memiliki banyak penggemar dibandingkan dengan material lainnya. Apalagi, furniture dari kayu cocok digunakan untuk berbagai konsep rumah tanpa membuatnya terlihat menjadi aneh.

  • Alumunium atau baja

Alumunium atau baja juga sering digunakan untuk pembuatan rak. Namun kedua material ini jarang digunakan untuk furniture di rumah. Biasanya rak ini digunakan pada toko atau supermarket. Hanya saja, jika rak alumunium dikombinasikan dengan material lain, mungkin akan bisa kita temukan digunakan di beberapa rumah.

  • Pipa

Rak dari pipa? Yap, pipa paralon yang sering digunakan sebagai tempat saluran air ternyata bisa dijadikan material untuk rak. Namun rak dengan material ini umumnya merupakan kreasi sendiri dan bukan rak yang dijual. Jadi mengenai bentuk dan sebagainya, akan mengikuti kebutuhan dan selera dari orang yang membuatnya.

Setiap material rak pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda yang harus pintar memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan serta konsep ruangan. Misalnya ketika Anda membeli meja komputer dengan material kaca, maka Anda juga bisa menggunakan rak kaca agar terlihat senada.  Semoga bermanfaat! (Vita)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *