Dalam pemilihan asuransi perjalanan maupun asuransi jiwa, ada baiknya jika anda tidak mudah tergiur dengan harga asuransi perjalanan ataupun asuransi lain yang murah. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum anda memutuskan untuk menggunakan asuransi.asuransi

  1. Pastikan Keanggotaan AAJI

Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan jasa asuransi dari seorang agen, ada baiknya jika anda menanyakan keanggotaan AAJI agen tersebut. Semua agen yang telah memiliki lisensi AAJI tersebut bisa dibilang dapat dipercaya, karena datanya telah terdaftar dan mudah dilakukan pencarian apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. AAJI sendiri memiliki kepanjangan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia.

  1. Kenali Kebutuhan dan Keperluan Anda

Ada baiknya jika anda mengenali kebutuhan dan keperluan anda sebelum anda memutuskan untuk mengambil asuransi. Hal ini berkaitan dengan biaya premi yang harus anda bayar. Apabila dirasa anda belum membutuhkan asuransi, ada baiknya jika uang yang akan anda gunakan untuk asuransi dialihkan kepada kebutuhan yang lain.

  1. Anggaran Asuransi

Sesuaikanlah anggaran asuransi atau biaya premi yang harus anda bayar ketika anda menggunakan jasa asuransi dengan kemampuan finansial. Jangan sampai anda terhenti di tengah jalan akibat tidak dapat memenuhi biaya premi yang harus anda bayarkan.

  1. Track Record Perusahaan

Selain keanggotaan agen asuransi, anda juga perlu mencari tahu mengenai ulasan pihak ketiga dan Track Record dari perusahaan asuransi yang ingin anda gunakan jasanya. Jangan tergiur dengan biaya premi yang murah sebelum anda mencari tahu informasi sebanyak – banyaknya mengenai perusahaan asuransi yang ingin anda gunakan. Jika tidak banyak orang yang merekomendasikan perusahaan tersebut maka jangan mencoba untuk menggunakan jasanya, terutama jika perusahaan tersebut tidak mempunyai informasi konkrit mengenai pengguna jasa mereka sebelumnya.

  1. Pelayanan Terbaik

Setiap perusahaan asuransi memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda – beda. Pelayanan dan paket yang mereka berikan pun beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing pengguna jasanya. Pilihlah perusahaan asuransi yang menurut anda memenuhi kebutuhan anda.

  1. Bandingkan dengan Perusahaan Lain

Perusahaan asuransi sangat beragam dan berbeda satu dan lainnya. Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan jasa suatu perusahaan, ada baiknya jika anda membandingkan perusahaan yang anda pilih dengan perusahaan asuransi lain. Perbandingan ini bisa anda lihat dari besar uang pertanggungan, biaya premi, masa kontrak dan manfaat yang diberikan.

Jadilah pengguna yang cermat dan perhatikan juga segala aturan yang tertulis di dalam kontrak sebelum anda menyetuji penggunaan asuransi. Jika ada yang tidak anda mengerti, anda memiliki hak untuk bertanya dan mendapatkan jawaban yang jelas dari agen asuransi yang anda hadapi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *