korean food bibim-guksu
Travelling

Ragam Kuliner Korea yang Nikmat untuk Dicicipi

Tteok-bokki, bibimbap, samgyetang, hingga japchae merupakan segelintir dari makanan khas Korea yang populer hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun demikian, selain kuliner yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi kuliner khas Negeri Gingseng ini yang layak untuk dicicipi. Mulai dari bibim-guksu, jangeo gui, eomuk, hingga bulgogi. Intip detailnya:

  1. Bibim-guksu. Bibim-guksu merupakan salah satu hidangan mie tradisional yang cukup populer di Korea. Terbuat dari somyeon (mie tipis asal Korea) atau mie gandum, bibim-guksu ini diracik sedemikian rupa hingga menghasilkan rasa pedas dan juga sedikit asam. Biasanya, bibim-guksu disajikan dalam keadaan dingin, sehingga hidangan ini sangat populer di musim panas. Dalam semangkuk bibim-guksu, terdapat potongan telur rebus, kimchi, irisan sayuran, dan juga acar lobak. Segar banget! Di Korea, harga semangkuk bibim-guksu adalah sekitar KRW 5000 atau Rp60ribuan.
  2. Jangeo Gui. Jangeo Gui atau grilled eel menjadi salah satu makanan yang populer di Korea, terutama untuk kota-kota yang dekat dengan laut, seperti Busan. Biasanya, belut ini akan dibakar kemudian dikonsumsi dengan daun selada atau dijadikan topping untuk sajian mie. Belut-belut ini akan dibumbui dengan kecap asin, minyak wijen, dan juga gochujang, untuk kemudian dibakar dalam tungku. Di Korea, Jangeo Gui biasanya dijual bersamaan dengan soju karena masyarakat setempat senang mengonsumi belut ini dengan sebotol soju.
  3. Eomuk atau fish cake merupakan street food yang mudah ditemukan di seluruh penjuru Korea. Biasanya, eomuk ini disajikan dalam gerai-gerai mungil atau dalam food truck. Eomuk dijual per tusuk dengan kuah rebusan yang gurih. Satu tusuk eomuk dihargai KRW1000. Rasanya yang gurih dengan tekstur yang empuk membuat masyarakat Korea senang membeli eomuk dalam jumlah banyak. Di musim gugur atau musim dingin, eomuk ini juga menjadi snack favorit karena biasa disajikan hangat.
  4. Anda pastinya sudah tak asing lagi dengan bulgogi, olahan daging khas Korea yang populer. Banyak daging yang bisa diolah menjadi bulgogi, mulai dari daging ayam, sapi, babi, hingga gurita. Namun demikian, yang populer di Korea adalah daging sapi sirloin. Untuk menghadirkan cita rasa gurih dan manis, bumbu bulgogi yang digunakan adalah campuran kecap asin, gula, dan rempah lainnya. Jika sudah matang, bulgogi ini bisa dikonsumsi dengan semangkuk nasi atau dimakan dengan menggunakan daun selada, kimchi, dan bawang putih.

Dari empat olahan di atas, mana yang membangkitkan selera Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *