asuransi rider
Insurance

Rider Asuransi, Menguntungkan Atau Merugikan?

Produk asuransi murni saat ini cukup menjadi pilihan banyak orang dibandingkan dengan asuransi yang digabungkan dengan berbagai produk asuransi lainnya. Sebab banyak orang yang menganggap asuransi lengkap murah yang sudah mencakup berbagai perlindungan sekaligus memiliki lebih banyak keterbatasan. Tidak hanya itu, banyak juga yang merasa bahwa tidak semua perlindungan yang ada di dalam asuransi gabungan ini dibutuhkan sehingga dianggap sayang. Sementara itu, jika membeli asuransi murni yang digabungkan dengan rider asuransi, kita bisa memilih tambahan asuransi yang dibutuhkan saja.

Namun, apakah sebenarnya rider asuransi itu menguntungkan? Atau malah merugikan?

Sebenarnya rider asuransi ditawarkan oleh oleh perusahaan asuransi untuk memberikan perlindungan maksimal pada nasabahnya. Namun, beberapa kesalahan yang dilakukan seringkali justru membuat pemilik polis asuransi ini menyesal dan merasa dirugikan. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan, antara lain:

  • Mudah terpengaruh tawaran sales

Namanya juga sales, semakin banyak produk yang dijual maka akan semakin tinggi penghasilan yang didapatkan. Itulah alasannya banyak sales asuransi yang akan berusaha menjual produk asuransi utama maupun rider sebanyak-banyaknya dengan berbagai cara. Jika Anda adalah orang yang mudah terpengaruh dan bertemu dengan sales yang pintar dalam menaawarkan produk, bukan tidak mungkin Anda akan membeli sebuah produk meskipun tidak membutuhkannya. Dan pada akhirnya, Anda akan menyesalinya di kemudian hari.

  • Melupakan biaya premi

Membeli banyak rider untuk produk asuransi murni Anda berarti Anda akan mendapatkan lebih banyak jenis perlindungan. Namun jangan lupa, hal ini juga akan berbanding lurus dengan biaya premi yang harus Anda bayarkan. Sayangnya, masih banyak orang yang melupakan masalah biaya premi ini saat memutuskan untuk membeli rider asuransi. Mereka umumnya hanya terfokus pada keuntungan dari pertanggungan dan juga perlindungan yang didapatkan. Akibatnya setelah beberapa waktu berjalan mereka akan menyesal karena harus membayar premi tinggi untuk perlindungan yang belum dibutuhkan.

Ada baiknya jika sebelum menemui sales asuransi, Anda menguatkan tekad mengenai produk asuransi aapa saja yang ingin dibeli, termasuk rider yang dipilih. Jika Anda merasa takut terpengaruh, Anda bisa menolak tawaran asuransi lain yang akan ditawarkan oleh sales dengan cara yang sopan dan baik. Katakan bahwa saat ini Anda hanya membutuhkan produk asuransi tersebut saja. Dengan begitu Anda hanya perlu membayar premi untuk perlindungan maksimal yang memang benar-benar Anda butuhkan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *