Automotive

Rotasi Ban, Penting Tapi Sering Terlupakan

Yuvita Puspitasari / May 21, 2018
rotasi ban

Banyak pemilik mobil yang berusaha melakukan perawatan ban agar awet dan aman sangat digunakan. Sebab ban mobil yang bermasalah merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan. Meskipun mobil Anda sudah terlindungi oleh Asuransi Mobil dari asuransi umum Chubb, tentunya Anda tetap tidak mau kan mengalami kecelakaan?

rotasi ban
Source: kwik-fit

Sayangnya di antara beberapa perawatan ban mobil yang sering dilakukan, ada satu perawatan yang sering terlewatkan. Ada yang sengaja tidak mau melakukan karena merasa terlalu ribet, ada juga yang tidak melakukannya karena memang belum mengetahuinya. Perawatan yang dimaksud adalah melakukan rotasi ban. Perawatan ini penting karena memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  1. Menjaga tingkat keausan ban sama rata
  2. Memperlama usia ban
  3. Menjaga kestabilan mobil saat dikendarai

Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan rotasi ban ini, yaitu:

  • Jenis ban cadangan

Ada 3 jenis ban cadangan yang sering digunakan pada mobil, yaitu full size matching spare tyre, full size non-matching spare tyre, dan space saver spare tyre. Untuk full size matching spare tyre, memiliki ukuran dan pelek yang sama persis dengan ban utama. Sehingga wajib untuk diikutsertakan saat melakukan rotasi ban. Sementara, untuk full size non-matching spare tyre, meskipun ukurannya sama tetapi jenis kembang dan pelek yang berbeda, sehingga tidak perlu diikutsertakan. Begitu juga dengan space saver spare tyre yang memiliki ukuran lebih kecil dari ban utama.

  • Jenis kembang pada ban

Sebelum melakukan rotasi ban, perhatikan baik-baik jenis kembang pada ban. Untuk kembang berjenis symmetric bebas dirotasi ke arah manapun. Untuk kembang Asymmetric hanya boleh dirotasi ke depan dan belakang. Sementara ban dengan kembang directional, tidak boleh dirotasi secara diagonal karena berisiko menyebabkan aquaplaning saat berkendara.

  • Ukuran ban

Anda hanya boleh melakukan rotasi ban untuk yang memiliki ukuran sama. Sebab, merotasi ban dengan kondisi seperti ini akan sangat berisiko menyebabkan terjadinya kecelakaan.

  • Sistem penggerak

Pahami sistem penggerak pada mobil Anda sebelum melakukan rotasi ban. Sebab, mobil yang memiliki sistem penggerak depan, belakang, atau 4 roda memiliki sistem rotasi yang berbeda.

Melakukan rotasi ban memang terlihat rumit, tetapi bukan berarti Anda boleh mengabaikannya begitu saja. Terutama jika Anda ingin agar ban mobil kesayangan lebih awet. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *