jr pass
Travelling

Sebelum Beli JR Pass, Ketahui Beberapa Hal Ini Dulu

Tiket JR Pass merupakan salah satu fasilitas yang akan sangat mempermudah wisatawan yang datang ke Jepang. Sebab dengan tiket ini, kamu jadi bebas menikmati semua transportasi yang berada dalam kelompok JR tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk membelinya, ada baiknya jika kamu mengetahui beberapa hal berikut ini terlebih dahulu:

  • Bisa digunakan untuk shinkansen

Sudah ke Jepang pasti tidak lengkap rasanya jika belum merasakan naik Shinkansen. Yap, untuk kamu yang sudah berencana menggunakan shinkansen selama berada di Jepang, sangat penting untuk membeli tiket JR Pass terlebih dahulu. Sebab, tiket ini akan membuatmu bebas naik shinkansen tanpa membayar sedikitpun. Kamu hanya perlu datang ke tempat pembelian tiket shinkansen untuk membeli reservasi tempat duduk di shinkansen nanti. Jangan lupa tunjukkan JR Pass kamu jadi kamu tidak diminta untuk membayar. Setelah itu, kamu masuk melalui jalur khusus dan tunjukkan tiket JR Pass kamu ke petugas yang ada.

  • Memiliki batas waktu

Tiket JR Pass memiliki batas waktu dan akan tertera pada tiket tersebut. Pada saat menukarkan bukti pembayaran dengan tiket JR Pass di bandara Jepang, kamu bisa mengatakan kapan akan mulai mengaktifkan tiket tersebut. Tenang saja, kamu bisa mulai mengaktifkannya beberapa hari setelah sampai di Jepang, misalnya pada hari ke-3, ke-4, atau hari keberapapun tergantung kebutuhan. Namun, kamu tetap harus menukarkannya langsung di bandara saat sampai, ya!

  • Ada banyak jenis

Sebelum memutuskan untuk membeli JR Pass, kamu harus benar-benar menentukan itinerary kamu terlebih dahulu. Sebab, ada banyak jenis JR Pass dengan tujuan atau lokasi penggunaan yang berbeda. Misalnya JR Pass yang meng-cover wilayah Tokyo, Osaka, Hiroshima, atau JR Pass yang hanya meng-cover wilayah Osaka-Hiroshima-Kyoto saja. Tentunya, beda luas jangkauannya akan sangat memengaruhi harga tiket ini.

  • Hanya bisa digunakan oleh wisatawan

Untuk kamu yang tinggal di Jepang untuk magang ataupun belajar, tidak bisa menggunakan tiket ini karena hanya wisatawan saja yang bisa menggunakannya. Sebab saat membeli tiket ini dibutuhkan passport dan pada saat menukarkan tiket akan dicek kesesuaian data dengan passportmu juga.

Setelah mengetahui hal-hal di atas, sekarang kamu siap untuk membeli tiket JR Pass yang sesuai kebutuhanmu dan selamat berpetualang di Jepang! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *