rear view camera
Automotive,  Technology

Seberapa Amankah Fitur Rear View Camera?

Ada cukup banyak fitur keselamatan yang ditambahkan pada mobil saat ini. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keamanan saat berkendara, menurunkan angka kecelakaan, dan meminimalisir risiko yang terjadi saat kecelakaan. Sebab, meskipun mobil sudah dilindungi dengan asuransi mobil sekalipun, tentunya tidak ada seorangpun yang berharap mengalami kecelakaan, kan?

Salah satu fitur penting yang mulai ada di hampir seluruh mobil keluaran baru adalah rear view camera. Bahkan mobil lama yang belum menggunakannya juga banyak yang dilengkapi dengan fitur ini. Apalagi saat ini banyak bengkel modifikasi mobil yang menawarkan jasa pemasangan fitur ini sehingga mudah bagi mobil apapun untuk bisa memilikinya.

Namun, pernahkah Anda berpikir seberapa aman sebenarnya fitur ini? Apa benar dengan adanya fitur ini pada mobil Anda, sudah pasti akan terhindar dari terjadinya kecelakaan berupa menabrak sesuatu di belakang mobil?

Kenyataannya tidak begitu, loh! Memang fitur ini diciptakan untuk fungsi tersebut, khususnya untuk mencegah kemungkinan kecelakaan seperti menabrak anak kecil saat parkir mundur. Sebab anak kecil memiliki tinggi yang tidak akan terlihat dari spion tengah, sementara ketika ada mobil mundur, seringkali mereka justru berlari ke belakang mobil. Dengan adanya fitur ini, ketika ada anak kecil yang berlari ke belakang mobil, diharapkan dapat memberikan peringatan pada pengendara sehingga bisa mencegah terjadinya kecelakaan.

Sayangnya, banyak yang belum terbiasa melihat bagian belakang mobil melalui kamera dan justru merasa bingung. Sehingga ketika melihat ada gerakan mendadak, seperti anak kecil yang tiba-tiba berlari, pengendara akan kaget dan panik sehingga justru menginjak pedal gas. Namun, hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara mulai membiasakan diri dengan teknologi ini.

Selain itu, terlalu bergantungnya pengendara terhadap hal yang ditampilkan oleh kamera ini juga bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Padahal, jarak pandang kamera ini juga memiliki batas maksimal tinggi, rendah, juga lebar. Artinya Anda tidak bisa berharap kamera ini akan menampilkan keseluruhan situasi belakang mobil Anda. Jadi, ada baiknya jika Anda tetap memperhatikan kaca spion kanan dan kiri saat mau parkir. Tidak hanya itu, ingat juga bahwa jarak yang terlihat di kamera berbeda dengan jarak aktual. Jadi, meskipun jarak yang Anda lihat di kamera masih cukup jauh, bisa saja sebenarnya sudah dekat.

Sebenarnya semua teknologi keselamatan yang disediakan oleh produsen mobil bisa berfungsi maksimal jika digunakan dengan cara yang tepat. Namun, bisa berbahaya jika salah jadi ada baiknya Anda lebih memahami semua fitur dalam mobil sebelum menggunakannya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *