ganti oli
Automotive

Selain Jarak, Hal Ini Juga Penting Dijadikan Patokan Ganti Oli

Agar bisa digunakan dengan aman dan nyaman, mobil harus dirawat dengan cara yang tepat secara berkala. Memang, Asuransi Mobil Komprehensif memberikan fasilitas derek gratis untuk mobil Anda seandainya mogok saat sedang digunakan? Namun, apakah Anda lalu berharap untuk mengalaminya? Pasti tidak, kan?

Di antara sekian banyaknya perawatan mobil yang harus dilakukan, mengganti oli secara rutin tepat waktu merupakan hal yang sangat penting. Sayangnya, masih banyak orang yang hanya bergantung pada jarak tempuh. Artinya, jika mobil termasuk jarang digunakan sehingga butuh waktu lama untuk mencapai jarak tempuh yang ditentukan, maka oli tidak akan diganti. Padahal, ada hal lain yang juga bisa menjadi penentu kapan Anda sebaiknya mengganti oli mesin dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Waktu

Waktu bisa menjadi patokan tepat untuk Anda yang jarang menggunakan mobil untuk bepergian. Biasanya, Anda akan disarankan untuk mengganti oli mobil maksimal 6 bulan sekali meskipun jarak tempuh kendaraan belum mencapa batas yang disarankan. Sebab, kualitas oli tetap akan berubah sehingga oli tetap harus diganti.

  1. Kondisi jalan

Seperti apa kondisi jalanan yang sering ditempuh, juga akan sangat mempengaruhi waktu penggantian oli. Misalnya, Anda jarang menggunakan mobil tapi sekalinya Anda menggunakan mobil dengan menempuh perjalanan yang jauh dan macet. Maka, rpm (rotasi per menit) bisa menjadi patokan Anda untuk menentukan penggantian oli yang tepat. Jika rpm sudah mencapai 10 kilometer, meskipun jarak sebenarnya belum mencapai angka tersebut, ada baiknya jika tetap mengganti oli. Sebab, dalam kondisi macet sekalipun, mesin tetap bekerja yang secara otomatis akan mempengaruhi kualitas oli.

Selain itu, untuk mobil yang sering digunakan dalam medan berat, suhu udara panas (di atas 35 derajat celcius), muatan yang cukup banyak, area pegunungan, jalanan berlumpur, dan jalanan berdebu, maka waktu penggantian oli juga bisa menjadi semakin cepat yaitu sekitar 1 atau 2 bulan sekali.

Melakukan penggantian oli tepat pada waktunya akan sangat berpengaruh pada keawetan mesin. Jika Anda hanya bergantung pada jarak tempuh saja tanpa mempertimbangkan faktor lainnya, akan membuat oli tidak mampu berfungsi maksimal sehingga mempercepat kerusakan mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *