Jarak Pandang Menonton TV
Health and Beauty,  Technology

Sering Pusing Saat Menonton TV? Begini Cara Baik dan Amannya

Walaupun sudah menggunakan best 4K TV, sering kali kita melupakan bahkan meremehkan kesehatan mata saat menonton acara TV kesukaan kita. Akibatnya saat mata sudah terganggu, akan terasa pusing saat menonton TV. Untuk itu, Anda bisa mengatisipasinya dengan hal-hal berikut ini :

  1. Atur jarak pandangan dengan posisi TV

Sering kita dihadapkan dengan jarak pandang dan layar TV yang tidak sesuai, sehingga menyebabkan kerusakan pada mata. Hal tersebut dapat membuat ketegangan pada mata. Oleh sebab itu disarankan untuk menjaga jarak antara pandangan dengan layar TV. Idelanya adalah mengatur dengan minimal lima kali diagonal TV, misalnya ukuran TV Anda 20 inch, maka jarak posisi duduk yang terbaik adalah 20 x 5meter = 5meter.

  1. Atur cahaya ruangan ketika Anda menonton

Ruangan dan cahaya TV yang baik adalah seimbang, sehingga pupil mata Anda tidak terlalu bekerja keras dan terlalu fokus sehingga mata Anda cepat lelah. Untuk itu, Anda disarankan untuk menerapkan hal ini, mata Anda bisa dengan tenang memandang TV.

  1. Atur mode TV untuk mengatur kecerahan

Beberapa TV sudah dilengkapi dengan layar proteksi untuk menjaga kesehatan mata. Untuk itu coba Anda sesuaikan dengan kebutuhan besarnya ukuran layar TV dan disarankan yang sudah menggunakan teknologi layar proteksi karena sangat bermanfaat untuk kesehatan mata Anda.

  1. Batasi waktu melihat TV

Menonton TV memang sudah menjadi kebiasaan bahkan hobi kebanyakan orang untuk mencari menghiburan dan menghilangkan rasa penat. Namun kita tahu bahwa menatap  TV terlalu lama juga tidak baik karena dapat membuat mata menjadi lelah dan menyebabkan kerusakan pada mata. Saat menonton TV sesekali istirahatkan mata Anda dengan mengedipkan dan memejamkan mata atau dengan berpindah focus melihat ke kejauhan.

Perhatikan dan pastikan hal-hal diatas dapat Anda terapkan dirumah. Agar kesehatan mata Anda dan keluarga tetap terjaga sehingga dapat menonton acara kesayangan dengan nyaman. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *