detektif sherlock holmes bbc
Entertainment

Sherlock Holmes, Si Detektif Paling Ternama Sedunia

Menonton film merupakan kegiatan yang digemari banyak orang. Selain menghibur, tontonan juga dapat menjadi media informasi atau pengetahuan untuk penikmatnya. Contoh saja Sherlock Holmes, yang tayangannya akan sangat menarik dan menyenangkan bila disaksikan dengan TV LED 32 inch terbaik. Pasalnya, serial yang bertemakan detektif ini menghimpun banyak sekali pengetahuan dari berbagai aspek ilmu, juga humor yang amat baik.

Kamu mungkin bertanya, apa, sih, yang membuat siaran ini begitu ternama? Nah, di bawah ini adalah beberapa fakta menarik tentang Sherlock Holmes. Simak lebih lanjut untuk mengetahuinya, ya!

  • Muncul pertama kali pada 1887, Sherlock Holmes adalah karakter fiksional ciptaan penulis kenamaan Sir Arthur Conan Doyle. Sherlock dikenal sebagai detektif swasta yang sangat ahli dalam memecahkan masalah kejahatan di Inggris. Sherlock dapat mengetahui apa saja yang orang lain baru lalui, hadapi, hingga konsumsi hanya dengan sekali lihat—bahkan dari jarak cukup jauh. Ia pula memiliki koleksi pengetahuan tentang kimia, anatomi, geografis, politik, tumbuh-tumbuhan, literatur, hukum, hingga psikologi yang amat sangat luas. Sherlock juga dapat menganalisis objek studi kasusnya dengan teknik jejak kaki, dekode angka, dan analisis tulisan tangan. Perbendaharaan ilmu dan teknik inilah yang membuatnya dapat mendeduksi suatu objek dalam hitungan detik saja.
  • Merupakan karakter adaptasi terbanyak. IMDb mencatat karakter Sherlock telah muncul dalam 226 film dan diperankan oleh ratusan aktor sejak akhir abad ke-19. Arogansi atas kepintarannya mungkin alasan mengapa Sherlock Holmes menjadi karakter detektif yang paling banyak diadaptasi hingga saat ini. Dua karya Sherlock Holmes paling fenomenal adalah serial televisi yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch dan Martin Freeman serta film layar lebar yang diperankan oleh Robert Downey Jr. dan Jude Law. Dalam kedua jenis karya ini, penonton dapat melihat visualisasi kecakapan Sherlock secara nyata. Kedua aktor yang memerankan karakter ini pun dapat menampilkan keangkuhan Sherlock secara apik.
  • Memiliki basis sains dan forensik. Doyle adalah seorang lulusan Fakultas Kedokteran. Inilah mengapa karakter Sherlock memiliki standar pengetahuan yang sangat luas, sekaligus menjadi karakter detektif pertama yang metode pemecahan masalahnya didasari oleh sains dan forensik. Boleh jadi, selain karena karakter arogansinya, basis dua ilmu ini menjadi daya tarik Sherlock Holmes di mata banyak orang.

Bagaimana? Tertarik menyaksikan kasus-kasus yang dipecahkan Sherlock Holmes dengan teknik-teknik yang ajaib seperti di atas? Kamu bisa menonton versi BBC Inggris yang memiliki 4 musim tayang dengan total 13 episode atau 2 film Sherlock Holmes yang tayang pada 2009 dan 2011 pada platform menonton seperti Netflix. Selamat menonton! (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *