tanda tubuh jarang olahraga
Health and Beauty

Tanda-Tanda yang Dialami Tubuh Jika Anda Jarang Olahraga

Kita semua tahu bahwa olahraga memiliki banyak sekali dampak positif untuk tubuh kita. Atas alasan ini pulalah, banyak masyarakat yang dengan sengaja menyempatkan diri untuk berolahraga setiap hari, sesibuk apa pun itu. Bahkan ada pula yang dengan sengaja membeli alat fitness agar bisa digunakan di rumah. Bukan rahasia umum lagi jika olahraga tak hanya membuat tubuh bugar, tetapi juga membuat seseorang lebih segar dan juga memperbaiki mood.

Hanya saja, pernahkah Anda bertanya-tanya, apa sih yang akan terjadi di tubuh ketika Anda jarang olahraga? Dilansir dari Klik Dokter, inilah beberapa tanda yang akan terjadi jika tubuh jarang olahraga.

  1. Wajah terlihat lebih lesu dan kusam. Jika Anda rutin menggunakan skincare namun wajah tetap terlihat kusam dan juga lesu, bisa jadi Anda kurang olahraga. Pasalnya, olahraga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah yang akan membawa nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Hasilnya, kulit wajah akan terlihat lebih cerah dan juga sehat. Saat Anda melewatkan waktu olahraga, sirkulasi darah pun akan tersendat, yang membuat wajah terlihat lebih lesu dan kusam.
  2. Penumpukan lemak. Tanda-tanda kedua adalah munculnya penumpukan lemak di beberapa bagian tubuh, seperti perut, lengan, dan juga paha. Seperti diketahui, olahraga akan membantu membakar lemak berlebih dalam tubuh sehingga bisa membantu Anda menjaga berat badan. Ketika Anda malas berolahraga, maka lemak pun akan menumpuk dan membuat berat badan meningkat.
  3. Sulit konsentrasi. Apakah Anda selama ini mengalami susah konsentrasi? Bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu tanda bahwa Anda jarang olahraga. Jarang olahraga membuat kerja otak menjadi tak maksimal, sehingga Anda sering pusing dan tak bisa konsentrasi. Hal ini disebabkan karena aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak, tak lancar sehingga asupan oksigen di otak kurang terpenuhi.
  4. Susah tidur. Terakhir, tanda-tanda yang sering dialami adalah susah tidur. Jika Anda rutin berolahraga, tubuh akan aktif bergerak sehingga membuat Anda nyenyak tidur di malam hari.

Itu dia beberapa tanda yang terjadi pada tubuh jika Anda jarang olahraga. Ada baiknya untuk meluangkan waktu setidaknya 30 menit sehari agar tubuh lebih sehat dan bugar. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *