Business, Financial

Tata Ruang Meeting Sesuai Dengan Fungsinya!

Meeting atau pertemuan membutuhkan ruangan khusus untuk membuat kegiatan bisa dilaksanakan dengan lebih intimate dan lancar tanpa ada gangguan. Setiap kantor pasti memiliki ruangan khusus untuk pertemuan-pertemuan, entah untuk sesama karyawan atau untuk bersama klien. Kantor konvensional sampai kantor dengan konsep baru seperti co-working space Jakarta Pusat wajib memiliki ruangan meeting untuk keperluan pekerjaan.

Tidak sekedar memiliki ruangan, penataan ruang meeting atau pertemuan harus disesuaikan dengan fungsi dari pertemuan tersebut. Penataan meja, kursi, layar, dimana pemimpin akan duduk harus diperhatikan supaya tujuan dari pertemuan bisa tersampaikan dengan baik. Berikut adalah beberapa model penataan ruang meeting dengan fungsi-fungsinya!

  • U-Shape

    ushape
    pinterest.com

Sama seperti namanya, penataan meja ruang meeting dibuat membentuk seperti huruf U. Biasanya tata meja seperti ini dilakukan ketika pertemuan dihadiri sampai kapasitas 20 orang. Pola ini membuat komunikas antara pembicara dengan peserta dan komunikasi sesama peserta menjadi lebih baik karena bentuknya yang terbuka membuat siapa saja bisa berinteraksi. U-Shape sangat cocok untuk presentasi dan brainstorming.

  • Boardroom

    board-room
    flexispace.co

Tata ruang satu ini sangat sering ditemukan diperkantoran. Selain karena tidak membutuhkan ruangan yang luas, tata ruang Boardroom dapat memaksimalkan komunikasi dan interaksi peserta satu sama lain. Hal ini disebabkan Boardroom memaksakan Anda untuk saling berhadap-hadapan dengan peserta lain, sehingga Anda akan lebih berkonsentrasi untuk memmperhatikan pembicara. Tata ruang ini tidak terlalu cocok ketika peserta yang hadir banyak, karena akan mempengaruhi panjang meja. Semakin jauh peserta dengan pembicara, membuat kosentrasi semakin buruk.

  • Theater

    theater
    pinterest.com

Berbeda dengan tata ruang sebelumnya, Theater memastikan Anda fokus pada satu titik yaitu pembicara meeting. Bentuknya yang seperti ruangan bioskop ini memastikan peserta untuk berkonsentrasi pada materi yang sedang disampaikan secara maksimal, namun membuat interaksi antar sesama peserta menjadi minimal. Selain itu, tidak adanya space untuk menulis atau menaruh laptop kadang membuat peserta menjadi kurang nyaman untuk membuat catatan kecil. Meskipun seperti itu, tata ruang Theater sangat baik ketika materi presentasi yang disampaikan sangatlah penting untuk dimengerti peserta dan juga cocok untuk jumlah peserta yang banyak.

Sekian adalah 3 jenis tata ruang meeting sesuai dengan fungsi-fungsinya. Semoga bermanfaat! (Della)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *