makanan berminyak
Health and Beauty

Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Berminyak, Ini Dia Akibatnya!

Menahan godaan untuk mengonsumsi makanan yang berminyak seperti gorengan, fried rice seasoning with meat, dan makanan yang digoreng lainnya memang sangatlah sulit. Apalagi mengingat faktanya makanan yang digoreng akan terasa sangatlah gurih dan juga renyah. Meskipun demikian, makanan tersebut bukanlah makanan yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari. hal ini dikarenakan makanan berminyak mengandung kadar lemak yang sangat tinggi sehingga dapat merusak kesehatan dengan berbagai cara. Nah, berikut ini adalah akibat dari terlalu sering mengonsumsi makanan yang berminyak.

  1. Gangguan sistem pencernaan

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berminyak, jumlah minyak yang berlebih di dalam tubuh ini akan memberikan tekanan pada sistem pencernaan, sehingga hal ini akan membuat sistem pencernaan Anda bekerja lebih berat untuk memecah lemak yang berasal dari makanan berminyak tersebut. Padahal di antara nutrisi lainnya seperti karbohidrat dan protein, lemak paling lambat untuk dicerna dan membutuhkan enzim untuk memecahnya. Hal ini dapat mengakibatkan Anda mengalami hal seperti sakit perut dan juga diare.

  1. Merusak bakteri baik di usus

Sudah terbukti bahwa makanan dapat memengaruhi keseimbangan bakteri di dalam usus setiap orang. di dalam usus, terdapat bakteri baik yang dikenal dengan mikrobioma yang memiliki fungsi untuk menjaga sistem imun. Nah, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak, maka dapat merusak bakteri baik di dalam usus dan membuat imun tubuh menjadi melemah.

  1. Memicu munculnya jerawat

Memang, tidak semua orang rentan untuk langsung memiliki jerawat setelah mengonsumsi makanan yang berminyak, namun sebagian besar jerawat bisa terjadi akibat ketidakseimbangan hormon atau ketidakseimbangan bakteri di dalam usus sehingga makanan berminyak sangat memungkinkan memicu tumbuhnya jerawat. Selain itu, makanan berminyak juga dapat membuat kelenjar minyak di kulit memproduksi lebih banyak minyak. Nah, tambahan minyak ini yang nantinya akan berkontribusi terhadap pertumbuhan jerawat.

  1. Meningkatkan risiko obesitas

Makan yang berminya tentunya memiliki kadar lemak yang sangat tinggi dan juga kalori. Maka dari itu, jika Anda rutin mengonsumsi makanan yang digoreng, bukan tidak mungkin lama kelamaan berat badan Anda akan bertambah.

  1. Meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes

Jika Anda keseringan mengonsumsi makanan yang mengandung minyak, kemungkinan terbesar Anda akan berisiko lebih besar terkena penyakit kronis, terutama penyakit jantung dan diabetes.

  1. Meningkatkan risiko kanker

Sering mengonsumsi makanan yang berminyak juga dapat meningkatkan risiko kanker payudara, kanker usus besar atau kanker paru. National Cancer Institute menyarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 10 persen kalori Anda dari lemak jenuh setiap hari dan sebisa mungkin untuk menghilangkan lemak trans dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari untuk mengurangi risiko kanker.

Mengonsumsi makanan yang berminyak memang boleh-boleh saja, namun perlu diperhatikan juga frekuensinya agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit yang membahayakan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *