cruciferous vegetables
Health and Beauty

Ternyata, Ini Bisa Bikin Sayuran Sehat Menjadi Berbahaya!

Supaya sehat, kita disarankan untuk mengonumsi sayuran setiap harinya. Sebab, sayuran mengandung beragam nutrisi dan juga serat yang sangat baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, sayuran juga mengandung antioksidan yang mampu untuk menurunkan risiko kanker pada seseorang. Itulah sebabnya, sayur menjadi suatu bahan makanan yang wajib ada dalam menu makan. Bahkan, banyak juga yang menambahkan dengan rajin mengonsumsi jus sayur setiap hari di pagi hari. Dengan begitu, kebutuhan akan konsumsi sayurannya sudah pasti terpenuhi.

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata kebiasaan mengonsumsi sayur juga bisa jadi berbahaya? Kok bisa ya? Berikut ini adalah pembahasannya!

Cruciferous vegetables atau sayuran silangan adalah beragam jenis sayuran yang termasuk ke dalam keluarga brassicaceae. Beberapa jenis sayuran silangan yaitu kubis, kol, sawi hijau, brokoli, dan masih banyak lagi. Sayuran-sayuran tersebut dikenal sebagai sayuran dengan kandungan antioksidan tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi secara rutin. Namun ternyata, ketika sayuran silangan dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan justru bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh.

Dalam situs MDLinx disebutkan bahwa sayuran tersebut mengandung tiosianat dan/atau giotrin. Ketika jumlah kedua senyawa tersebut berlebihan dalam tubuh, dapat menghambat kinerja fungsi tiroid sehingga penyerapan yodium akan terganggu. Akibatnya tubuh akan mengalami masalaah kesehatan akibat kekurangan yodium.

Seorang penulis The New York Times bernama Jennifer Berman membagikan pengalamannya dalam situs Medical Daily. Jennifer memiliki kebiasaan sehat yaitu meminum jus sayur segar dan banyak mengonsumsi sayur setiap harinya. Hal ini dilakukan dengan tujuan menjaga kesehatan tubuhnya. Namun, hal yang terjadi justru di luar dugaan. Jennifer mengalami masalah gangguan tiroid atau hipotiroidisme.

Setelah mencari informasi lebih lanjut mengenai hipotiroidisme, Jennifer menemukan fakta mengejutkan mengenai makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit ini, yaitu semua jenis sayur silangan. Padahal, sayuran tersebut merupakan sayur yang rutin dikonsumsinya dalam jumlah banyak setiap hari karena dipercaya dapat mencegah kanker dalam keluarganya.

Lalu, apakah artinya kita harus menghindari sayuran silangan dan menghapusnya dalam menu makanan keseharian?

Tentu saja tidak. Kita bisa tetap mengonsumsinya dengan aman selama dalam jumlah yang wajar. Tidak hanya itu, sangat disarankan untuk mengonsumsinya dalam kondisi matang untuk mengurangi risikonya.

Intinya, segala sesuatu yang baik juga bisa menjadi berbahaya jika berlebihan. Jadi pastikan mengonsumsi dalam jumlah secukupnya dan ada baiknya melakukan variasi agar semua kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *