truk mitsubishi
Automotive

Ternyata Ini Penyebab Selip pada Truk

Selip atau yang juga dikenal dengan ban selip adalah kondisi ketika ban kendaraan kekurangan cengkraman pada permukaan jalan (Kompas.com). Situasi ini sangat umum terjadi ketika mobil maupun truk biodiesel melewati jalanan yang licin, entah selepas hujan atau ketika musim dingin. Untuk itu, selip kerap dikategorikan sebagai salah satu bahaya yang mungkin dihadapi pengendara di jalanan.

Lantas, apakah yang membuat kendaraan mengalami selip? Cari tahu jawaban serta ulasannya di bawah ini!

  • Es, salju, atau hujan. Dikutip dari laman TransForce, penyebab paling utama selip pada truk adalah es, salju, ataupun hujan. Sebab, ketiga elemen ini akan membasahi jalan dan membuat permukannya licin. Di saat inilah pengemudi truk akan cenderung menginjak pedal gas terlalu dalam atau mengerem terlalu cepat hingga kendaraan kehilangan traksi (daya tarik). Pada akhirnya, ban truk tidak mencengkram permukaan jalan dengan baik. Tips untuk menghindari situasi ini: andalkan kopling kendaraan agar mesinnya dapat membantu Anda mendapatkan kembali traksi yang hilang.
  • Komponen kendaraan yang rusak. Penyebab umum kedua selip pada truk adalah rusaknya komponen-komponen kendaraan. Adapun bagian yang dimaksud bisa berupa ban aus atau benjol, maupun rem aus. Kerusakan-kerusakan juga menyebabkan ban truk kekurangan cengkraman pada permukaan jalan. Walhasil, truk mengalami selip meski jalanan sedang tidak basah. Tips untuk menghindari situasi ini: lakukan pemeriksaan pada ban juga rem truk sebelum memulai perjalanan.
  • Ban depan truk kehilangan traksi. Penyebab selip pada truk yang ketiga adalah hilangnya traksi ban bagian depan truk. Seperti penjelasan pada poin pertama, situasi ini dapat terjadi ketika pengemudi menginjak pedal gas terlalu dalam ataupun mengerem terlalu cepat. Kalau sudah begini, Anda tak lagi dapat menyetir dengan normal. Bila Anda mengalami situasi seperti ini, lekas hentikan truk secepat dan seaman mungkin. Biarkan truk melambat dengan sendirinya tanpa pengereman agar Anda tidak memperburuk situasi.
  • Ban belakang terkunci. Penyebab umum terakhir selip pada truk adalah terkuncinya ban bagian belakang truk. Awal mula situasi ini juga disebabkan oleh kontrol pedal gas atau rem pengemudi yang kurang baik. Jika sudah begini, truk bisa meluncur ke arah samping dan membahayakan kendaraan lain. Untuk itu, jangan mengerem truk namun tetap kendalikan ban depan ke arah laju truk kemudian putar balik setir agar truk tidak ‘lari’ ke lajur lain.

Itu dia empat penyebab umum selip pada truk. Untuk meminimalisir terjadinya selip, maka disarankan untuk menggunakan ban berkualitas seperti ban vulkanisir, misalnya. Lantas, amankah menggunakan ban vulkanisir untuk truk? Terdapat dua pendapat yang menjelaskan hal tersebut. Pendapat pertama menyatakan bahwa ban vulkanisir tidak aman digunakan karena ban tersebut merupakan produk rekondisi. Sementara itu, pendapat kedua menjelaskan bahwa ban vulkanisir aman digunakan dengan syarat pemasangannya dilakukan oleh profesional, ban memiliki kode “regroovable”, dan lainnya.

Semoga setelah tahu informasi di atas, Anda bisa lebih berhati-hati dan melakukan beberapa tips di atas ketika mengendarai truk, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *