Tips

Tips Menghasilkan Kentang Goreng yang Renyah

Mengolah stok bahan makanan seperti daging sapi atau ayam dengan stir fry sauce mungkin menjadi jalan keluar yang cukup baik di masa swakarantina (self-quarantine) pandemi seperti sekarang ini. Yap, bumbu siap saji adalah penolong paling ampuh bagi siapa pun yang sedang memusatkan aktivitas hariannya di rumah demi bertahan sehat. Sebab, rutinitas harian berbelanja ke pasar harus mulai dikurangi secara drastis. Maka menyimpan bumbu siap saji maupun makanan beku siap masak yang dapat bertahan untuk waktu yang lama adalah cara jitu.

Nah, salah satu makanan beku yang mungkin kamu punyai adalah kentang. Biarpun “siap masak”, kentang memiliki cara olah tersendiri agar hasilnya tidak gagal. Yap, benar sekali, kekurangtepatan menggoreng kentang bisa membuat kentang goreng tidak renyah dan berakhir lembek, lho! Lalu, apa yang harus dilakukan supaya hasil gorengan kentang menjadi renyah?

Simak tips mudahnya berikut!

  • Gunakan sedikit minyak

Kamu mungkin pernah melihat kentang beku yang digoreng di restoran cepat saji dimasukkan ke dalam kompor khusus berisi minyak penuh. Namun, jangan salah sangka. Itu bukan kunci rahasia kentang goreng renyah. Sebab, kunci kerenyahan kentang goreng pada restoran siap saji terletak pada lemak beku (atau lemak daging sapi beku).

Nah, untuk olahan di rumah, kamu cukup menggunakan minyak yang relatif sedikit saat menggoreng kentang. Yap, seorang food blogger asal Amerika Serikat, Wendi Spraker, mengatakan bahwa kunci kentang beku yang digoreng renyah adalah minyak yang sedikit.

  • Goreng sedikit demi sedikit

Karena hanya menggunakan minyak yang relatif sedikit, sebaiknya goreng kentang dengan jumlah yang sedikit saja. Hal ini ditujukan agar tiap potongan kentang mendapat jatah panas dari minyak yang merata. Sedangkan untuk media penggorengan, Wendi Spraker menyarankan untuk menggunakan penggorengan di atas kompor seperti teflon atau wajan, ataupun air fryer.

Proses penggorengan kentang harus menggunakan api kecil dan perlu sering diaduk menggunakan spatula. Tujuannya supaya kentang menjadi renyah dengan rata dan tidak lembek di bagian-bagian tertentu. Kerenyahan kentang dapat terasa ketika kamu mengaduknya menggunakan spatula. Saat kentang terasa sudah mengeras, kentang bisa langsung diangkat lalu ditiriskan dari minyak.

  • Berikan cita rasa

Wendi Spraker mengatakan bahwa kunci lain kerenyahan kentang adalah cita rasa. Yap, kentang yang sudah digoreng kering perlu diberikan taburan garam dan merica secukupnya untuk memberikan cita rasa serta kerenyahan yang sempurna. Jangan lupa menambahkan dua bumbu ini di atas kentang gorengmu, ya!

Nah, itulah dia 3 tips menggoreng kentang agar mendapatkan hasil yang renyah. Semoga bermanfaat, ya! Selamat menggoreng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *