spedometer bahan bakar mobil matik
Automotive

Trik Jitu agar Mobil Matik Tak Boros Bahan Bakar

Bagi sebagian orang, mobil matik memang lebih nyaman untuk dikendarai dibandingkan dengan mobil manual. Pasalnya, mobil matik jauh lebih praktis dan siapa pun bisa dengan mudah mengendarainya. Hanya saja, mobil matik sering kali dianggap lebih boros bahan bakar ketimbang mobil manual. Padahal, jika disiasati dengan baik, entah itu dari cara mengemudi atau mengganti oli mobil secara berkala, mobil matik juga bisa hemat bahan bakar.

Agar mobil matik Anda tidak boros bahan bakar, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yakni:

  1. Hindari membawa muatan berlebih. Ya, terdengar sederhana, namun nyatanya bisa membuat mobil menghabiskan bahan bakar yang lebih banyak. Pada dasarnya, setiap mobil diciptakan dengan beban muatan tertentu. Oleh sebab itu, hindari untuk membawa muatan berlebih, baik barang atau penumpang, karena hal tersebut bisa membuat mesin bekerja lebih keras. Biasakan untuk membawa penumpang atau barang yang sesuai dengan kapasitas mobil agar mobil tak boros bensin.
  2. Tidak menginjak gas secara berlebih. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan gaya berkendara saat berada di tanjakan. Ketika menghadapi jalan menanjak, banyak pengemudi yang tanpa sadar menginjak gas secara berlebih sehingga memakan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak dari biasanya. Injak gas secara konstan dan secukupnya saja agar mobil matik Anda tetap menghabiskan bahan bakar yang normal.
  3. Terapkan eco-driving. Hindari menyetir secara agresif dan mulailah untuk menerapkan eco-driving. Eco-driving sendiri merupakan cara mengemudi yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisien serta berperan mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Jadi, menerapkan eco-driving tak hanya membuat Anda lebih menghemat bahan bakar, tetapi juga bisa membantu Anda untuk terbebas dari risiko kecelakaan.
  4. Kurangi pemanfaatan idling. Sebagian besar mobil modern dilengkapi dengan fitur idling, hanya saja penggunaannya bisa membuat bahan bakar lebih boros dan juga membahayakan pengguna. Pasalnya, ketika dalam keadaan idle, mesin tetap menyala dan dalam kondisi siaga sehingga tetap membutuhkan bahan bakar. Tak hanya itu, pengguna pun mengalami kesulitan untuk mengetahui apakah mobilnya dalam keadaan menyala atau tidak, yang tentu membahayakan.
  5. Perhatikan putaran mesin. Terakhir, jangan lupa untuk memerhatikan putaran mesin atau RPM-nya. Untuk konsumsi bahan bakar yang normal pada mobil matik, umumnya putaran mesin berada pada 2.500 sampai 3.000 RPM.

Itu dia beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghemat bahan bakar pada mobil matik Anda. Silakan dicoba dan semoga membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *