scrabble
Parenting

Trik Mengajak Anak Bermain Agar Betah di Rumah

 

Bukan hal yang aneh jika anak-anak tidak betah diam saja di rumah. Apalagi jika mereka sudah aktif berlari ke sana dan ke mari. Biasanya mereka selalu minta bermain di luar ruangan seperti di tempat hiburan anak di Jakarta. Akan tetapi, tentunya tidak mungkin dong, jika Anda terus menerus mengajak anak bermain di luar? Nah, agar anak lebih betah di rumah, Anda bisa mengajaknya melakukan beberapa kegiatan dan permainan berikut ini.

  • Bermain balok susun

Balok susun merupakan salah satu permainan yang hampir dimiliki setiap anak. Permainan ini memang seru untuk dimainkan di rumah. Apalagi jika anak Anda memiliki imajinasi yang luas, biasanya balok susun tak pernah gagal untuk menarik perhatiannya. Bukan hanya seru, menyusun balok warna-warni ini juga dapat mengasah konsentrasi, kesabaran, dan mengenalkan konsep bentuk, ukuran, dan keseimbangan pada Si Kecil.

  • Menggambar dan mewarnai

Kegiatan seru berikutnya adalah menggambar dan mewarnai. Peralatan yang harus disediakan untuk menggambar dan mewarnai tidak banyak, hanya butuh crayondan kertas saja. Meski menggambar dan mewarnai sederhana, aktivitas ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk Si Kecil. Mulai dari membantu perkembangan otak hingga meningkatkan konsentrasi.

  • Junior scrabble

Ada lho, scrabble yang dirancang khusus untuk anak kecil. Sama seperti scrabblepada umumnya, hanya saja kata-kata yang disususn pada junior scrabble biasanya lebih sederhana, sehingga mudah dimengerti oleh anak. Permainan ini cukup seru dan dapat menarik perhatian anak. Selain itu, dengan bermain scarbble anak-anak juga bisa menambah kosakatanya.

  • Membuat origami

Biasanya anak-anak langsung tertarik ketika melihat kertas berwarna-warni. Anda bisa mengajarinya cara-cara dasar origami. Seperti membuat perahu atau burung misalnya. Melipat kertas bisa menjadi hal yang menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Apalagi jika Si Kecil berhasil membuat bentuk-bentuk unik dari kertas origami. Pasti akan ada perasaan bangga darinya. Membuat origami bisa mengajarkan anak bersabar dan juga melatih ketangkasan anak.

  • Bermain pasir kinetik

Kini anak-anak juga suka bermain pasir kinetik. Selain seru, pasir kinetik juga dapat melatih motorik halus, memberi sensasi baru pada alat sensori Si Kecil, dan dapat membantu si kecil fokus dan tenang. Menarik bukan?

Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *