pemudik motor
Lifestyle,  Tips

Untuk Pemudik Motor, Ini Aturan Membawa Barang Saat Mudik

Mudik saat lebaran menjadi momen penting dan berharga bagi para perantau. Tidak peduli harus menempuh perjalanan jauh sekalipun, semua tetap dijalani dengan suka cita. Bahkan, mereka tidak masalah sekalipun harus menempuhnya dengan menggunakan sepeda motor yang pastinya memiliki risiko lebih tinggi dan juga tidak senyaman menggunakan mobil. Biasanya untuk mengurangi risiko dalam perjalanan, mereka akan melakukan perawatan sebelum perjalanan, seperti ganti oli motor, mengecek fungsi rem, dan sebagainya.

Namun, selain pengecekan rem ada yang tidak kalah pentingnya, yaitu mengatur barang bawaan. Yap, berbeda dengan mobil yang memiliki tempat cukup luas untuk menyimpan berbagai barang, motor memiliki tempat yang sangat terbatas. Padahal saat mudik pasti ada banyak barang dong yang ingin Anda bawa. Apalagi bagi pemudik motor yang membawa serta keluarganya, maka akan semakin banyak juga barang yang dibawa.

Nah, untuk Anda yang berencana mudik dengan motor, ini aturan aman untuk membawa barang di motor:

  • Tidak melebihi ukuran spion

Spion kanan dan kiri merupakan batas maksimum lebar motor. Ketika Anda membawa barang dengan ukuran lebih lebar dari batas maksimum ini, maka akan membuat motor Anda lebih sulit dikendarai. Apalagi dalam kondisi perjalanan mudik di mana kendaraan akan sangat padat dan celah di jalan akan sangat sempit sekali.

  • Seimbang

Aturlah barang yang dibawa agar seimbang antara kanan dan kiri, juga depan dan belakang. Keseimbangan ini sangatlah penting karena akan sangat mempengaruhi keselamatan dalam berkendara.

  • Ikat dengan kuat

Ada beberapa pemudik motor yang membuat bagasi sementara atau bagasi tambahan dengan kayu aatau material lain pada bagian belakang motornya. Biasanya material ini akan diikat kebagian bangku sepeda motor dan menjorok ke belakang. Jika Anda juga melakukannya, maka pastikan ikaatan sudah sangat kuat. Selain itu, hindari penggunaan tali rafia untuk mengikatnya karena tali ini semakin lama akan merenggang.

  • Tidak menghalangi gerak

Pastikan bahwa semua barang bawaan Anda tidak akan menghalangi gerak Anda dan juga tidak akan merusak konsentrasi Anda dalam berkendara. Sebab, Anda tidak akan tahu apa yang mungkin terjadi di perjalanan. Jangan sampai Anda terlalu fokus berusaha mengamankan barang bawaan Anda dan justru malah membahayakan diri Anda.

Dan yang tidak kalah penting adalah batasi barang bawaan Anda. Sadarlah bahwa motor memiliki keterbatasan tempat dan muatan. Memaksakan diri membawa banyak barang meskipun Anda sudah menatanya tetap saja akan berbahaya. Semoga selamat sampai tujuan! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *