Pori-pori yang ada di kulit seluruh tubuh memiliki fungsi penting sebagai jalan keluar keringat dan juga minyak ke permukaan kulit untuk menjaga permukaan kulit. Namun ketika pori-pori ini berukuran semakin besar, maka dapat menimbulkan berbagai masalah. Itulah sebabnya perawatan untuk mengecilkan pori-pori sangat diperlukan. Sebab jika masalah pori-pori membesar tidak segera diatasi, dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit.pori-pori besar

Namun meskipun Anda bisa mengatasi masalah pori-pori membesar dengan perawatan, bukankah lebih baik jika tidak mengalaminya? Nah, supaya Anda bisa terhindar dari masalah tersebut, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebabnya berikut ini:

  • Menggunakan make up berlebihan

Banyak wanita yang senang tampil dengan menggunakan make up. Bahkan banyak dari mereka yang merasa tidak percaya diri jika tampil tanpa menggunakan make up sama sekali. Akibatnya hampir sepanjang waktu kulit wajah ditutup oleh make up dan terkadang karena sudah terlalu lelah, membuat proses pembersihan make up tidak sempurna. Padahal, kulit juga membutuhkan waktu untuk bisa bernapas dengan bebas tanpa tertutup make up. Jika hal ini terjadi terus menerus, maka akan membuat pori-pori kulit semakin membesar.

  • Tidak membersihkan wajah dengan benar

Baik yang terbiasa menggunakan make up ataupun tidak, membersihkan wajah merupakan hal yang wajib. Ketika Anda tidak membersihkan wajah dengan benar dan secara rutin, maka pori-pori akan berisiko tersumbat oleh minyak wajah, paparan debu, make up, dan sebagainya. Hal ini akan berisiko menyebabkan pori-pori membesar dan bahkan mengalami peradangan.

  • Terlalu sering membersihkan wajah

Membersihkan wajah memang penting, tetapi bukan berarti boleh dilakukan secara berlebihan. Sebab ketika hal ini dilakukan secara berlebihan, akan membuat kelembapan alami kulit menghilang dan kulit menjadi kering. Tidak hanya itu, pori-pori kulit juga bisa semakin membesar akibat kebiasaan ini.

  • Menggunakan handuk kasar

Siapa yang suka menggunakan handuk kasar? Mungkin banyak yang bertanya, apa enakknya pakai handuk kasar? Namun kenyataannya, ada beberapa orang yang justru merasa nyaman menggunakannya, loh! Padahal hal ini sangat tidak dianjurkan karena bisa membuat kulit mengalai iritasi, pori-pori membesar, dan kulit kering.

  • Mengatasi masalah komedo dengan cara yang salah

Melihat komedo di wajah saat sedang bercermin, pasti gemas sekali. Banyak orang yang akhirnya memilih untuk menekan komedo dengan tangan atau alat khusus agar komedo tersebut keluar. Padahal saslah mengatasi komedo ternyata justru bisa membuat pori-pori semakin besar dan memperparah komedo, loh! Jadi ada baiknya jika Anda mengalmi masalah dengan komedo, menyerahkan masalah ini untuk diatasi oleh ahlinya.

Tidak sulit, kan, mencegah berbagai hal yang dapat memperbesar pori-pori wajah Anda? Namun jika Anda sudah terlanjur mengalami masalah ini, bisa coba mengecilkan pori-pori dengan cara sederhana tetapi ampuh seperti melakukan perawatan wajah yang sesuai dengan kulit wajah. Setelah itu, barulah berusaha mencegah berbagai hal di atas agar pori-pori tidak kembali membesar. (Vita)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *