Automotive

Waspada, Ini Risiko Mengecat Ulang Mobil Sembarangan

Cat mobil merupakan hal yang sangat mempengaruhi penampilan mobil Anda. Maka wajar saja jika banyak pemilik mobil yang segera memanfaatkan asuransi mobil komprehensif miliknya untuk memperbaiki cat mobilnya saat mengalami kerusakan meskipun tidak terlalu parah. Tidak hanya itu saja, ada juga pemilik mobil yang langsung memilih untuk melakukan pengecatan ulang dengan harapan agar penampilan mobilnya dapat kembali sempurna.

Jika Anda termasuk salah satunya, ada baiknya jika Anda lebih waspada. Sebab ternyata melakukan pengecetan ulang pada mobil secara sembarangan dapat memberikan beberapa risiko, di antaranya:

  • Merusak tampilan

Mengecat ulang mobil dilakukan untuk membuat tampilan mobil kembali sempurna. Sayangnya, terkadang hal tersebut tidak tercapai dan justru mobil malah terlihat semakin rusak akibat pengecatan yang dilakukan secara asal-asalan. Beberapa masalah yang biasanya terjadi pasca pengecetan yaitu:

  • Warna pudar. Jika kualitas cat yang digunakan tidak bagus, maka warnanya akan cepat sekali pudar. Biasanya warna cat hanya akan bertahan selama beberapa bulan saja dan kemudian mulai memudar. Bahkan meskipun Anda sudah berusaha menghindari berbagai hal yang dapat menyebabkan warna cat pudar sekalipun.
  • Warna belang. Warna cat memudar secara rata saja sudah membuat penampilan mobil tidak menarik, apalagi jika warnanya belang. Namun, hal ini memang sering terjadi pada mobil yang dicat secara sembarangan. Sama halnya dengan warna yang pudar, masalah ini biasanya terjadi akibat kualitas cat yang kurang bagus.
  • Adanya kotoran. Mobil yang baru saja dicat harus dijaga dengan baik agar tidak ada kotoran yang menempel saat cat masih basah. Sayangnya, tidak semua tempat mengecat mobil memperhatikan hal ini. Banyak juga yang membiarkan cat mobil mengering sendiri. Padahal, jika sampai ada satu kotoran yang menempel akan sangat mempengaruhi penampilan mobil.
  • Melanggar aturan

Banyak orang yang menganggap bahwa mengecat ulang mobil artinya bebas memilih warna yang diinginkan. Padahal, warna yang boleh Anda pilih hanyalah warna yang tertulis pada surat-surat kendaraan. Jika memilih warna yang lain, maka Anda dianggap melanggar aturan yang berlaku. Termasuk juga ketika Anda mengecat mobil dengan beberapa warna sebagai variasi.

Mengecat mobil membutuhkan biaya yang tidak murah. Melakukannya secara sembarangan tanpa memikirkan risikonya hanya akan membuat Anda mengalami kerugian materi. Jadi, ada baiknya jika Anda benar-benar memikirkannya terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *