Hingga saat ini, banyak orang yang menganggap bahwa bagian rumah yang paling kotor adalah kamar mandi. Padahal, tahukah Anda bahwa ternyata bak cucian piring bisa memiliki jumlah kuman yang sama atau bahkan lebih banyak dibandingkan dengan kamar mandi? Tidak peduli apakah Anda yang mencuci piring di wastafel khusus untuk cuci piring ataukah di wastafel cuci tangan, kuman yang ada tetaplah banyak.bak cuci piring

Hal tersebut berdasarkan pada pernyataan lembaga kesehatan nasional NHS di Inggris. Berdasarkan pernyataan mereka, wastafel cuci piring memiliki kuman mencapai 100.000, jumlah yang serupa dengan jumlah kuman pada kamar mandi atau toilet. Wastafel yang dibiarkan kotor juga dapat menimbulkan kerak dan bau menyengat yang tidak sedap di dapur.

Lalu, bagaimanakah cara mengatasi agar kuman dan bakteri berbahaya tidak berkembang di lokasi tersebut? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Jangan menunda mencuci piring

Banyak orang yang memiliki hobi menunda mencuci piring hingga cuciannya benar-benar menumpuk. Padahal kebiasaan ini akan membuat bakteri dan kuman yang ada di sekitar bak cucian tersebut semakin banyak. Bahayanya lagi ketika Anda memindahkan piring kotor ke tempat lain karena bak tersebut sudah penuh atau karena alasan lainnya. Maka bakteri tersebut akan semakin menyebar ke tempat lain. Kondisi ini akan semakin parah jika Anda menunda pencucian piring hingga beberapa hari lamanya. Selain menyebabkan polusi udara dari sisa makanan yang membusuk, pertumbuhan bakteri akan semakin besar sehingga sangat berisiko menyebabkan Anda mengalami masalah pencernaan.

  • Cuci piring dengan cara yang benar

Mencuci piring tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Ada baiknya jika Anda mencuci piring dengan menggunakan air panas untuk mematikan bakteri yang ada, terutama untuk makanan berlemak. Air panas bisa Anda gunakan dengan cara menyiramkannya pada seluruh piring yang akan dicuci sebelum menggunakan sabun. Selain itu, perhatikan juga spons yang digunakan untuk mencuci piring, pastikan spons dalam kondisi bersih. Ada baiknya jika Anda mengganti spons secara rutin seminggu sekali karena spons juga salah satu bagian bak cuci piring yang paling banyak mengandung bakteri.

  • Bersihkan bak cucian piring atau wastafel

Rutinlah membersihkan semua sisa makanan padabak cuci piring. Gunakan baking soda yang dicampur dengan air panas atau garam dan air setiap malam setelah selesai mencuci piring. Kebiasaan ini akan membuat bakteri di bak cuci piring dan sekitarnya akan mati. Hal ini juga sebaiknya dilakukan pada wastafel cuci tangan yang sering dijadikan tempat mencuci piring.

Tidak sulit kan menjaga bagian rumah tersebut tetap bersih? Selamat mencoba! (Vita)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *