asuransi kesehatan
Financial,  Health and Beauty,  Insurance

Waspadai Kesalahan Ini Saat Membeli Asuransi Kesehatan

Memiliki perlindungan asuransi kesehatan bisa memberikan banyak sekali manfaat. Itulah sebabnya, produk asuransi ini banyak dicari oleh masyarakat saat ini. Apalagi, kini beberapa perusahaan asuransi sudah menyediakan asuransi kesehatan keluarga premi murah yang bisa dipilih oleh calon nasabahnya. Meskipun preminya murah, tapi banyak yang pelayanan ataupun kualitasnya cukup baik sehingga tetap memuaskan.

Namun ternyata, banyak juga nasabah yang justru merasa menyesal setelah membeli polis asuransi kesehatan karena merasa dirugikan. Padahal terkadang, hal tersebut terjadi akibat kesalahan dari pemegang polis sendiri. Nah, supaya Anda tidak mengalaminya, berikut ini adalah beberapa kesalahan saat membeli asuransi kesehatan yang sebaiknya dihindari:

  • Memilih agen orang yang dikenal

Ketika Anda sedang membutuhkan produk asuransi dan ada saudara atau keluarga yang menjadi agen asuransi, mungkin Anda akan langsung menghubunginya dan membeli darinya. Hal tersebut tidak masalah jika Anda sudah mempertimbangkan dan membandingkan produk asuransi kenalan Anda dengan produk asuransi dari perusahaan lainnya. Jadi Anda tidak akan menyesal ketika menemukan adanya produk asuransi dari perusahaan lain yang lebih menguntungkan. Sayangnya, hal ini banyak terjadi di masyarakat. Karena merasa tidak enak atau ingin membantu, maka Anda memilih produk asuransi dari kenalan tanpa melihat produk lainnya. Akibatnya ketika menemukan yang lebih baik, Anda jadi menyesal.

  • Tidak membaca polis

Jangan terlalu percaya pada agen sepenuhnya, baik orang yang dikenal maupun tidak. Sebab kata-kata agen tidak berkekuatan hukum. Ada baiknya jika Anda benar-benar mempelajari polis asuransi Anda dengan baik karena apa yang tercantum di dalam memiliki kekuatan hukum. Jika suatu saat perusahaan asuransi menolak pengajuan klaim Anda yang seharusnya tidak bermasalah, maka Anda bisa memajukan masalah ini ke pengadilan dengan membawa polis asuransi Anda.

  • Fokus pada biaya premi

Memang biaya premi biasanya berbanding lurus dengan kualitas atau hal yang ditanggung. Namun sebenarnya, biaya premi murah tidak selalu buruk dan biaya premi mahal tidak selalu paling baik. Jadi ada baiknya jika Anda benar-benar mempelajari polis untuk mengetahui apakah kewajiban yang harus Anda lakukan sebanding dengan hak yang akan diterima. Namun, perlu diingat, apabila Anda sudah membuat asuransi kesehatan ini, rutinlah selalu membayar premi tujuannya agar pengajuan klaim asuransi Anda tidak ditolak oleh pihak asuransi.

  • Melakukan fraud

Banyak pemegang polis yang menyembunyikan riwayat kesehatannya karena merasa hal tersebut tidak akan terungkap. Padahal hal terssebut termasuk kategori penipuan dan Anda akan kehilangan hak menerima pertanggungan bahkan premi yang sudahdibayarkan bisa hangus jika fraud sampai terbukti.

Dengan menghindari beberapa kesalahan di atas, semoga Anda bisa terhindar dari kerugian setelah membeli polis asuransi ya! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *